Implementasi Metode ‘Asyarah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di LP2TQ Baitul Qur’an Bandung

Anjani, Anita (2020) Implementasi Metode ‘Asyarah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di LP2TQ Baitul Qur’an Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil. Banyak peserta didik yang sudah bisa membaca Al-Qur’an tetapi tidak sesuai dengan kaidah tajwid, makharijul huruf dan sifat-sifat hurufnya. Persoalan ini disebabkan karena minimnya kesadaran umat Islam, sering ditemukan anggapan bahwa sekedar bisa membaca Al-Qur’an sudah cukup. Penyebab yang lain yaitu peserta didik sebelumnya menggunakan metode pembelajaran Al-Qur’an konvensional yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi metode ‘Asyarah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an di LP2TQ Baitul Qur’an Bandung; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode ‘Asyarah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di LP2TQ tersebut; 3) Dampak metode ‘Asyarah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik LP2TQ tersebut. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa metode ‘Asyarah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an karena metode tersebut bertujuan mengantarkan seorang muslim untuk mampu membaca Al-Quran dengan lancar, tepat, sesuai dengan kaidah tajwid dan sesuai sunnah Rasulullah SAW. Metode ‘Asyarah juga merupakan metode yang menyenangkan sehingga pembelajarannya menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mengetahui implementasi metode ‘Asyarah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di LP2TQ Baitul Qur’an Bandung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang bisa membantu mengetahui secara mendalam mengenai implentasi metode ‘Asyarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Metode ‘Asyarah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di LP2TQ Baitul Qur’an Bandung meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dinilai baik karena menarik, praktis dan sistematis, 2) Faktor yang mendukung penerapan metode ‘Asyarah adalah buku panduan, sarana dan prasarana, metode itu sendiri dan guru yang mengajar. Sedangkan faktor yang menghambatnya adalah peserta didik yang tidak konsisten serta melanggar syarat dan ketentuan, 3) Dampak metode ‘Asyarah secara keseluruhan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dan berdampak juga pada peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan teknik pengajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Membaca Al-Qur’an; Metode ‘Asyarah
Subjects: Islam > Koran
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anita Anjani
Date Deposited: 02 Sep 2020 01:09
Last Modified: 02 Sep 2020 01:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32989

Actions (login required)

View Item View Item