Perbandingan perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa sosiologi Universitas Islam Negeri Bandung dan mahasiswa pendidikan sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia

Iskandar, Evi Sofiah (2020) Perbandingan perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa sosiologi Universitas Islam Negeri Bandung dan mahasiswa pendidikan sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap perilaku konsumtif di kalangan Mahasiswa Sosiologi Universitas Islam Negeri Bandung dan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia. Mahasiswa Sosiologi Universitas Islam Negeri Bandung seharusnya memiliki tingkat perilaku konsumtif yang rendah karena Mahasiswa Sosiologi mendapat pemahaman terhadap konsep religiusitas. Lewat konsep religiusitas ini Mahasiswa diberi kerangka moral, Sehingga mahasiswa mampu membandingkan tingkah lakunya dalam hal ini mengenai perilaku konsumtif. Adapun Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi umum yang mahasiswanya tidak diberikan pemahamam terhadap konsep religiusitas seharusnya memiliki perilaku konsumtif yang lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diberi pemahaman konsep religiusitas dalam hal ini adalah Mahasiswa Sosiologi Universitas Islam Negeri Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perilaku konsumtif di kalangan Mahasiswa Soisologi Universitas Islam Negeri Bandung. (2) Perilaku konsumtif di kalangan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia. (3) Ada tidaknya perbedaan perilaku konsumtif Mahasiswa Sosiologi Universitas Islam Negeri Bandung dan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Jean Baudrillard tentang Masyarakat Konsumtif. Dalam masyarakat konsumsi banyak masyarakat yang melakukan konsumsi tidak lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka yang mendesak dan tidak terbatas, akan tetapi lebih kepada untuk membuktikan dan untuk menunjukkan kemampuan dan kepemilikan mereka yang lebih dalam mengkonsumsi sesuatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix methods model yang digunakan sequential dengan menggunakan pendekatan explanatory dan menggunakan penelitian komparatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah perilaku konsumtif Mahasiswa Sosiologi Universitas Islam Negeri tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 86 dari 90 responden mahasiswa yang menjadi sampel objek penelitian. Perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia juga tergolong tinggi karena memiliki nilai rata-rata 76 pada skor angket yang telah disebar. Dimana kriteria Hₒ diterima jika -Ttabel = -8,35 < Thitung = 2,79 < Ttabel = 8,35 dengan taraf nyata α = 0,1. Artinya bahwa tidak ada perbedaan perilaku konsumtif mahasiswa Sosiologi Universitas Islam Negeri dan mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan; Perilaku Konsumtif; Mahasiswa.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Evi Sofiah Iskandar
Date Deposited: 01 Sep 2020 06:11
Last Modified: 01 Sep 2020 08:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32961

Actions (login required)

View Item View Item