Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Match Mine

Hidayat, Dadan (2020) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Match Mine. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Match Mine yang menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Match Mine dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Match Mine dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; dan (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Match Mine. Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal tes PAM, soal tes kemampuan representasi matematis, serta angket sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model match mine. Penelitian ini dilakukan di SMP 2 Muhammadiyah Ciparay Bandung kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen pada materi Kubus dan Balok. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Match Mine dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Match Mine dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM; dan (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Match Mine sebagian besar siswa memberikan respon positif. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Match Mine efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: representasi matematis; match mine
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dadan Hidayat
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:54
Last Modified: 01 Sep 2020 04:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32960

Actions (login required)

View Item View Item