Penerapan strategi abduktif-deduktif pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMP

Viona, Dinda (2020) Penerapan strategi abduktif-deduktif pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, kemampuan matematis siswa sangat dibutuhkan dalam memahami konsep matematika dan dalam menyelesaikan masalah matematika. Salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan penalaran matematis. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan penalaran matematis siswa masih perlu ditingkatkan. Fakta tersebut juga ditemukan pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dilakukan pada penelitian ini. Upaya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dapat dilakukan dengan menggunakan model, strategi dan metode pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa adalah Strategi Abduktif-Deduktif dan model pembelajaran konvensional sebagai pembanding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan penggunaan Strategi Abduktif-Deduktif dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan kemampuan penalaran matematis yang dimiliki siswa. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas dan instrumen berupa lembar observasi, tes kemampuan penalaran matematis siswa, dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat keterlaksanaan dari aktivitas guru dan siswa termasuk kedalam kategori baik dan sangat baik, serta kemampuan penalaran matematis siswa dari kedua kelas penelitian mengalami peningkatan dengan interpretasi sedang. Selain itu, siswa memberikan respon negatif dari penggunaan Strategi Abduktif-Deduktif pada pembelajaran matematika dikelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penalaran; strategi abduktif-deduktif; respon Siswa
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Viona
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:01
Last Modified: 01 Sep 2020 03:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32953

Actions (login required)

View Item View Item