Sinergitas kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi anak yang nakal di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis

Nurhalimah, Ima (2020) Sinergitas kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi anak yang nakal di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang nakal di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis. Hal ini mendorong guru PAI dan guru BK untuk bersinergi dalam kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan sinergitas kinerja yang dilakukan guru pendidikan Agama Islam dan guru bimbingan konseling dalam mengatasi anak yang nakal di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas kenakalan anak di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis. 2) Program guru PAI dan guru BK dalam menghadapi kenakalan anak di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis 3) Koordinasi dan Penyelesaian Masalah Guru PAI dan Guru BK dalam Menghadapi Anak Yang Nakal di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis 4) Faktor pendukung dan penghambat penyelesaian masalah anak di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori sinergitas kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi anak yang nakal di sinilah mereka berperan untuk mnjadikan anak yang baik, mendisiplinkan serta memberikan nasihat sesuai ajaran agama islam, karena mereka btuh didikan dan juga bimbingan dari para pendidik yang berada di sekolah SMP IT Miftahul Huda II Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi/studi dokumen. Tahapan penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti dimulai dari studi pendahuluan, proses penelitian, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh: 1) Realitas Kenakalan Anak SMP IT Miftahul Huda II Ciamis disebabkan adanya faktor lingkungan, sekolah, keluarga, media sosial, masyarakat. 2) Program Guru PAI dan Guru BK dalam Menghadapi Kenakalan Anak di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis yaitu program keagamaan dan program kedisiplinan untuk membentuk anak menjadi anak yang baik serta meningkatkan program gru PAI dan BK menjadi program sinergi yang baik. 3) Koordinasi dan Penyelesaian Masalah Guru PAI dan Guru BK dalam Menghadapi Anak Yang Nakal di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis dengan adanya koordinasi guru PAI dan guru BK agar dalam permasalah dari koordinasi atau bisa disebut dengan kolaborasi antara guru PAI dan guru BK dalam mengatasi permasalahan anak koordinasi yang dilakukan oleh guru BK dan guru PAI dengan menggunakan catatan hasil kolaborasinya yang diketahui oleh personal BK (tertulis) dan koordinasi lisan (tidak tertulis). Sehingga koordinasi seperti ini tidak dapat untuk mengatasi prilaku bermasalah peserta didik SMP IT Miftahul Huda II Ciamis. 4) Faktor Pendukung dan Penghambat Penyelesaian Masalah Anak di SMP IT Miftahul Huda II Ciamis guru PAI dan guru BK saling bekerja sama dalam mendisiplinkan anak serta memberikan nasihat, ketegasan dan memberikan arahan- arahan yang baik serta ada dukungan dari pihak yayasan dan juga wali peserta didik hingga guru-guru yang di skolah saling membantu dalam mendisiplinkan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ima Nurhalimah
Date Deposited: 02 Sep 2020 08:16
Last Modified: 02 Sep 2020 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32949

Actions (login required)

View Item View Item