Agama dan etos kerja masyarakat muslim transmigran: Studi terhadap masyarakat muslim transmigran di Kecamatan Bahar Utara Kabupaten Muaro Jambi

Mauludin, Hilman (2020) Agama dan etos kerja masyarakat muslim transmigran: Studi terhadap masyarakat muslim transmigran di Kecamatan Bahar Utara Kabupaten Muaro Jambi. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - AGAMA DAN ETOS KERJA MASYARAKAT MUSLIM TRANSMIGRAN.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Kajian tentang agama selalu menjadi bahan yang menarik, karena konsepsi tentang agama sangat universal, berbagai perspektif dibutuhkan untuk bisa memahaminya secara komprehensif. Agama dijadikan sebagai falsafah hidup (Way of Life) bagi suatu masyarakat. Secara mendasar agama menjadi sebuah norma yang mengikat dalam keseharian, bahkan telah menjadi pedoman bagi masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivitas, termasuk dalam bidang ekonomi. Oleh sebab itu tidak heran apabila pengaruh yang diberikan oleh agama berimplikasi terhadap etos kerja suatu masyarakat seperti kasus yang terjadi di Kecamatan Bahar Kabupaten Muaro Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan faktual berupa penjelasan mengenai pengaruh pemahaman keagamaan terhadap etos kerja masyarakat muslim transmigran Kecamatan Bahar Utara Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara (interview) dan studi kepustakaan. Kemudian analisis data dilakukan dengan cara memahami fakta-fakta lapangan yang selanjutnya dianalisis dan disimpulkan. Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa agama merupakan sumber ide dan praktik yang mampu memberikan pengaruh terhadap perilaku seseorang dalam menjalani kehidupannya, termasuk dalam etos kerja. Agama menjadi sistem nilai yang menjadi dasar dari etos kerja para penganutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman keagamaan masyarakat muslim transmigran Kecamatan Bahar Utara tidak secara langsung berpengaruh terhadap etos kerja masyarakat. Pengaruh yang diberikan oleh agama terjadi ketika pemahaman keagamaan sudah berubah menjadi kerangka etika sosial. Hal ini disebabkan karena secara fungsional, agama mampu memberikan kerangka dasar dan pedoman hidup bagi masyarakat yang diwujudkan dalam berbagai etika sosial. Etika sosial yang bersumber dari ajaran agama inilah yang kemudian bagi masyarakat Bahar Utara mampu mempengaruhi kualitas etos masyarakat.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Agama; Etos Kerja; Transmigran dan Kecamatan Bahar Utara
Subjects: Religious Experiences
Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Hilman Mauludin
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:37
Last Modified: 01 Sep 2020 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32943

Actions (login required)

View Item View Item