Analisis logo Smiling West Java: Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada logo Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Augustine, Aghniary (2020) Analisis logo Smiling West Java: Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada logo Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Logo Smiling West Java merupakan logo branding pariwisata Jawa Barat yang dipegang oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Logo tersebut memiliki keunikan dengan bentuk peta geografis Jawa Barat yang menggambarkan keindahan alam Jawa Barat dan senyuman yang menggambarkan keramahan masyarakat Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana simbol-simbol yang terdapat dalam logo Smiling West Java; makna simbol picture mark, letter mark, warna dan komposisi dalam logo Smiling West Java; dan makna logo Smiling West Java dikonstruksi oleh perusahaan. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep Semiotika Charles Sanders Peirce. Konsep ini dipilih karena relevan dengan tahapan-tahapan membentuk logo Smiling West Java. Paradigma yang digunakan oleh peneliti yaitu paradigma kontruktivisme dengan pendekatan interpretif dan metode analisis semiotika. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat membentuk logo Smiling West Java yang diawali dengan tahap pertama, simbol-simbol yang terdapat dalam logo Smiling West Java yaitu, bentuk peta geografis Jawa Barat, dan bentuk senyuman. Tahap kedua, makna simbol picture mark, letter mark, warna, dan komposisi dalam logo Smiling West Java yaitu, menampilkan keindahan alam, menampilkan keramahan, menggunakan huruf custom typeface, menggunakan tipografi yang dinamis, menggunakan komposisi yang seimbang, warna kuning dari warna matahari, warna hijau dari warna pepohonan, dan warna biru dari warna sungai/air. Tahap ketiga, makna logo Smiling West Java dikonstruksi oleh perusahaan yaitu pesan keramahan masyarakat Jawa Barat, fungsi identitas pariwisata Jawa Barat, memiliki karakteristik Jawa Barat pada logo, dan konsistensi bentuk logo. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat membentuk logo Smiling West Java sebagai logo pariwisata Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Semiotika Charles Sanders Peirce; Logo; Smiling West Java
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Decorative Arts > Heraldic Design
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Aghniary Augustine
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:10
Last Modified: 01 Sep 2020 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32899

Actions (login required)

View Item View Item