Peran nilai tasawuf dalam terapi bekam: Studi deskriptif pengobatan kolesterol di Rumah Terapi Nur Ta'awun Cipamokolan Bandung

Hamidah, Siti (2020) Peran nilai tasawuf dalam terapi bekam: Studi deskriptif pengobatan kolesterol di Rumah Terapi Nur Ta'awun Cipamokolan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Perkembangan IPTEK menuntut manusia untuk menyelaraskan dirinya dengan kemajuan teknologi. Namun faktanya tidak semua bisa mengimbangi kemajuan teknologi yang ada, hal inilah yang dapat memicu kecemasan pada setiap individu karena tidak dapat menyelaraskan dengan perkembangan yang terjadi. Disamping itu masyarakat banyak mengkonsumsi makanan yang instan yang dapat memicu terjadinya kolesterol. Adapun untuk pengobatan kolesterol bisa dilakukan dengan cara berbekam dan menanamkan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-harinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil Rumah Terapi Nur Ta’awun , untuk mengetahui proses dan tata cara pelaksanaan terapi bekam yang diterapkan di Rumah Terapi Nur Ta’awun, dan untuk mengetahui peran nilai tasawuf dalam terapi bekam untuk pasien kolesterol di Rumah Terapi Nur Ta’awun Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa deskriptif. Objek yang diteliti adalah pasien kolesterol yang melakukan pengobatan terapi bekam. Penelitian yang dilakukan dengan sarana wawancara, dokumentasi, dan melalui observasi. Data analisisnya dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tasawuf merupakan sebuah upaya agar dekat dengan Allah SWT dan membersihkan hati dari segala sesuatu yang dapat mengotori hati. Nilai-nilai tasawuf dalam proses terapi bekam sangat berperan dalam menyembuhkan hati/ psikis manusia. Terapi bekam merupakan suatu upaya untuk menyembuhkan kolesterol dengan cara melakukan pembekaman di titik-titik yang tepat. Dengan terapi bekam kolesterol yang merupakan zat alamiah yang bersifat fisik yang mengandung lemak yang dibuat didalam hati dan lemak jenuh dalam makanan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Rumah Terapi Nur Ta’awun hadir untuk memberikan solusi dalam masalah kesehatan dan pengobatan. Dengan menggunakan pengobatan terapi thibbun nabawi holistik milik umat yang concern membantu kesehatan masyarakat, metode bekam yang diterapkan dengan mengidentifikasi/ konsultasi terlebih dahulu kepada pasien dan melakukan terapi bekam sesuai dengan titik keluhan pasien. Nilai-nilai tasawuf yang diterapkan di Rumah Terapi Nur Ta’awun diantaranya : taubat, sabar, tawakal, rido, qana’ah, dan zuhud. Nilai-nilai tasawuf yang diterapkan di Rumah Terapi Nur Ta’awun tujuannya untuk meyakinkan pasien agar kembali kepada pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Tasawuf; Bekam; Kolesterol;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Applied Physics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Hamidah
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:06
Last Modified: 28 Aug 2020 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32860

Actions (login required)

View Item View Item