Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Mind Mapping hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada kelas VIII Mts Negeri 3 Bandung pokok bahasan Daulah Abbasiyah.

Lestari, Sagita Puspa (2020) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Mind Mapping hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada kelas VIII Mts Negeri 3 Bandung pokok bahasan Daulah Abbasiyah. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Mts Negeri 3 Bandung fenomena yang terjadi hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI sebagian rendah, hal ini terlihat dari hasil ulangan harian siswa masih ada yang mendapat nilai dibawah KKM. Selain itu masih ada siswa yang tidak memperhatikan ketika pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) realitas tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Mind Mapping, 2) realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI, dan 3) realitas hubungan antara tanggapan siswa terhapa model pembelajaran Mind Mapping hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa. Mind Mapping adalah sebuah model pembelajaran dengan cara siswa memvisualisasikan verbal kedalam sebuah gambar/grafis secara terpola yang bertujuan untuk membantu dalam merekam, memperkuat dan mengingat. Adapun hasil belajar adalah pencapaian bentuk perubahan perilaku yang cenderung menetap dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotoris dari proses belajar yang dilakukan dalam waktu tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasi. Alat pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu berupa angket, tes, observasi, dan studi kepustakaan. Adapun Teknik anasilis datanya yaitu menggunakan analisis statistik untuk data kuantitatif, dan analisis logika untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terahadap model pemebelajar Mind Mapping termasuk kategori tinggi, yaitu dengam nilai rata- rata 3,72 angka tersebut termasuk kepada kategori tinggi karena berada pada interval 3,50-4,50. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI termasuk kategori sedang dengan rata-rata nilai rata-rata 70,92. Angka tersebut termasuk kepada kategori sedang karena berada pada interval 70-79. Adapun hubungan antara keduanya, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung (22,2) > t tabel (1,69). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Adapun koefisien korelasinya yaitu sebesar 0,97 berada pada antara 0,80 – 1.00 berarti dapat dikategorikan ke dalam korelasi poitif yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Mind Mapping; hasil belajar kognitif;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sagita puspa lestari
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:38
Last Modified: 31 Aug 2020 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32844

Actions (login required)

View Item View Item