Aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan Muhadhoroh hubungannya dengan kepercayaan diri mereka : Penelitian di Pondok Pesantren Al-mardiyyah Al-Islamiyah Cileunyi Bandung

Onza, Siti Gaffiri (2020) Aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan Muhadhoroh hubungannya dengan kepercayaan diri mereka : Penelitian di Pondok Pesantren Al-mardiyyah Al-Islamiyah Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari peneliti menemukan masalah di lokasi penelitian. Berdasarkan studi pendahuluan dalam penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah, setiap santriyin dan santriyat diharuskan menghadiri Muhadhoroh. Dalam hal ini santriyin dan santriyat biasanya bergiliran ditugaskan untuk menjadi MC (pembawa acara), ceramah, pembacaan wahyu Ilahi, pembacaan sholawat, doa tahlil dan doa. Setiap rangkaian kegiatan Muhadhoroh diatur oleh pengelola asrama baik pada bagian santriyin dan santriyat yang secara teknis disiapkan oleh manajemen terutama oleh departemen pendidikan. Kenyataannya, tidak setiap santri bersedia berpartisipasi menjadi petugas muhadhoroh karena satu dan lain alasan, karena alasan panjang lebar dan klasik sehingga penelitian dianggap perlu dalam meningkatkan kesadaran santri untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini bejumlah tiga puluh (30) yang terdiri dari santri putra dan putri. Sedangkan alat pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan, dan teknik menyalin dokumen. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan : (1) Realitas tanggapan santri terhadap aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan muhadhoroh termasuk pada kualifikasi tinggi. Hal ini berdasarkan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,59 yang berada pada interval 3,40–4,19. (2) Korelasi dari aktivitas muhadhoroh dan kepercayaan diri sebesar 0,409 angka tersebut berada pada interval 0,40 – 0,599 yaitu termasuk kategori sedang atau cukup. (3) Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh harga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Santri; Muhadhoroh; Kepercayaan Diri ;
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Gaffiri Onza
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:12
Last Modified: 31 Aug 2020 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32840

Actions (login required)

View Item View Item