Efektivitas Ta’zir hubungannya dengan kedisiplinan santri : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah Cileunyi Bandung

Andriani, Rini (2020) Efektivitas Ta’zir hubungannya dengan kedisiplinan santri : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan tentang rendahnya kedisiplinan santri putri dan putra dalam mentaati peraturan yang ada di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut banyak cara yang digunakan, salah satu cara yang efektif yakni dengan adanya ta’zir (hukuman) kepada para santri agar dapat lebih disiplin dalam mentaati peraturan . Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui: 1) efektivitas ta’zir di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah, 2) kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah, 3) efektivitas ta’zir hubungannya dengan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah. Penelitian ini berawal dari memikiran kedisiplinan santri berhubungan dengan efektivitas ta’zir. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara efektivitas ta’zir dengan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 30 orang. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan teknik analisis persial per indikator dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa: (1) efektifitas ta’zir di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah Cileunyi Bandung termasuk pada kualifikasi rendah dengan hasil 2,54 yang berada pada skala 1,80 – 2,59. (2) Kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah Cileunyi Bandung termasuk pada kategori cukup dengan hasil 3,15 berada pada skala 2,60 – 3,39. (3) Hubungan variabel X dan Y berada pada kategori positif dengan hasil 0,03 yang terdapat pada rentang 0,00 – 0,19. a) Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung 0,16≤ dari ttabel 1,69 sehingga hipotesis alternatif (Ha) positif. b) Hasil analisis kadar pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 20%. Sehingga efektivitas ta’zir hubungannya dengan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah sebesar 20% dan diperkirakan 80% dipengaruhi oleh faktor lain diluar efektivitas ta’zir dengan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Mardiyyah Al-Islamiyyah Celeunyi Bandung. Dengan demikian terdapat hubungan antara efektivitas ta’zir dengan kedisiplinan santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Ta’zir; Kedisiplinan; Santri;
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rini Andriani
Date Deposited: 28 Aug 2020 01:28
Last Modified: 28 Aug 2020 01:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32836

Actions (login required)

View Item View Item