Perkembangan organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Patani (Selatan Thailand) di Indonesia (PEMIPTI) Bandung Tahun 1972-2016

Vamaeng, Sunee (2017) Perkembangan organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Patani (Selatan Thailand) di Indonesia (PEMIPTI) Bandung Tahun 1972-2016. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Keberadaan mahasiswa dari Selatan Thailand di Indonesia selanjutnya membentuk suatu ikatan mahasiswa dalam sebuah wadah Persatuan Mahasiswa Islam Patani Selatan Thailand di Indonesia (PMIPMI). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang Perkembangan Organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Patani ( Selatan Thailand) di Indonesia (PMIPTI) Bandung. Ini terhurai kepada dua bagian, yaitu sejarah berdirinya Organisasi PMIPTI dan Perkembangan organisasi PMIPTI. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa PMIPTI adalah Organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan ummat Islam Bangsa Melayu Patani. Yang didirikan pada tanggal 25 September 1972, hingga sekarang sudah usia kurang lebih 44 tahun anggota PMIPTI Bandung mahasiswa asal Pattani, Yala, Narathiwat, dan Songkhla yang berkuliah di Bandung. Disisi lain PMIPTI mempunyai tujuan yang paling esensi dan mendasarkan yaitu sebagai wadah untuk mempersiapkan diri atau memproduk Kader-Kader kepemimpinan dan Tokoh pemikiran sebagai tokoh masyarikat yang mampu dan sanggup membela nasib Umat Melayu Patani. Justru Oraganisasi ini adalah Organisasi yang menjunjung tinggi nilai Keislaman sehingga mampu mengaktualisasi diri kepada masyarikat dan mengembang potensi anggota baik aspek intektual supaya Meningkatkan Kualitas, Loyalitas dan Moralitas Kepemimpinan dalam membentuk Kesatuan yang Progresif untuk mencurah dan membangun Masyarakat Patani sebagai Adil, Makmur, Aman, Damai dan Sejahtera. Kepungurusan PMIPTI Bandung berlaku berdasarkan Angaran Dasar dan Rumah Tangga organisasi yang telah disepakati dalam Majlis Permusyawaratan Anggota (MPA). Perkembangan Persatuan Mahasiswa Islam Patani (Selatan Thailand) di Indonesia (PMIPTI) Bandung berkembang menjadi organisasi yang secara mandiri mampu memdidik anggota untuk menjadi pribadi yang memiliki semangat dan tekad sesuai dengan visi dan misi organisasi. Namun dimikian, selain berusaha untuk mewujudkan misi organisasi, secara induvidu para mahawiswa memiliki tujuan secara peribadi terhadap pendidikan yang dijalaninya menjadi bekal dalam menempuh kehidupannya di masa datang. Sebagai sebuah organisasi, PMIPTI memiliki visi dan misi yang bertujuan untu mengembangkan atau mencetak kader pemimpin masyarakat Patani yaitu yang memiliki wawasan keislaman dan keilmuan yang murni. Selain itu PMIPTI juga memiliki landasan perjuangan atau ideologi untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat Patani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa islam thailand; patani; organisasi mahasiswa
Subjects: Miscellany of History
World History, Civilizations > History of Race of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:49
Last Modified: 26 Aug 2020 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32789

Actions (login required)

View Item View Item