Implementasi nilai-nilai karakter melalui pembiasaan Akhlakul Karimah siswa.

Hoeriah, Dina (2020) Implementasi nilai-nilai karakter melalui pembiasaan Akhlakul Karimah siswa. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam pendidikan adalah akhlaq/karakter yang merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan. Karena maraknya kasus krisis moral, maka implementasi nilai-nilai karakter itu dibiasakan melalui pembiasaan akhlakul karimah agar tercapainya tujuan pendidikan Nasional. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, metode, faktor pendukung dan faktor penghambat, evaluasi serta hasil dari implementasi nilai-nilai karakter melalui pembiasaan akhlakul karimah siswa. Adapun nilai-nilai karakter merupakan suatu standar dalam mempertimbangkan dan meraih perilaku baik dan tidak baik untuk dilakukan di kehidupan sehari-hari (Heri Gunawan, 2012). Sedangkan seseorang yang berakhlakul karimah merupakan seseorang yang selalu melakukan perbuatan yang benar dan selalu memerangi hawa nafsunya dari perbuatan yang tidak benar (Akhlak & Hamka, 2013). Dengan begitu, diperlukan suatu pembiasaan untuk mengoptimalkannya agar seseorang bisa terbiasa untuk berakhlak mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang disajikan dengan data verbal dan bukan data angka. Sedangkan teknik pengumpulan datanya ialah observasi, wawancara dan dokumen serta analisisnya ialah reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di MTsS. Terpadu Darul Qur’an, bahwasannya MTsS. Terpadu Darul Qur’an merupakan tempat yang terbilang baik dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Karena MTsS. Terpadu Darul Quran merupakan sekolah yang dipadukan dengan pondok pesantren sehingga seluruh siswa yang sekolah di MTs diwajibkan untuk mondok dan mengikuti program yang sedang berjalan serta berada dalam pantauan selama 24 jam setiap harinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Karakter; Pembiasaan; Akhlakul Karimah;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dina Hoeriah
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:42
Last Modified: 26 Aug 2020 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32763

Actions (login required)

View Item View Item