Penerapan metode Uswah Hasanah dalam pembinaan kedisiplinan siswa : Penelitian pada siswa kelas VII SMP BPPI Baleendah

Chandra, Eggy (2020) Penerapan metode Uswah Hasanah dalam pembinaan kedisiplinan siswa : Penelitian pada siswa kelas VII SMP BPPI Baleendah. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kedisiplinan siswa dalam mematuhi aturan tata tertib sekolah yang telah ditetapkan seperti masih ada siswa yang terlambat datang ke sekolah, tidak disiplin dalam belajar, tidak menggunakan atribut seragam sekolah dengan lengkap. Hal ini tentunya perlu seorang figur yakni seorang guru untuk menjadi teladan dalam memberi contoh yang baik dan menjadi panutan siswa, sehingga siswa dapat meniru serta mencontoh seluruh keteladanan guru, baik ucapan, sikap dan perbuatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep metode uswah hasanah 2) Kedisiplinan melalui penerapan metode uswah hasanah 3) Faktor pedukung dan penghambat dalam penerapan metode uswah hasanah dalam pembinaan kedisiplinan siswa 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode uswah hasanah dalam pembinaan kedisiplinan siswa 4) Hasil penerapan metode uswah hasanah dalam pembinaan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa guru merupakan faktor penting dalam memberikan keteladanan kepada siswa. Seluruh perbuatan,tindakan, sikap dan perkataan guru menjadi figur siswa untuk ditiru, semakin baik keteladanan yang diberikan oleh guru, maka siswa akan mengikutinya baik disadari ataupun tidak. Keteladanan menjadi aspek penting dalam mewujudkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif atau field research (penelitian lapangan), pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara. Subjek penelitian ini guru sebanyak 16 orang dan siswa 112 orang dengan menarik sampel 30% dengan jumlah 32 siswa, sedangkan objek penelitian adalah penggunaan metode keteladanan dalam pembinaan kedisiplinan siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase.Konsep metode Uswah Hasanah berarti teladan yang baik yang patut diteladani dari seorang pendidik dalam memberikan panutan kepada ummatnya baik dalam beribadah maupun dengan muamalah. Penerapan kedisiplinan melalui metode uswah hasanah tidak banyak tuturan lisan dari seorang pendidik, akan tetapi menuntut pada implikasi perbuatan pendidik itu sendiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa baiknya penggunaan metode keteladanan tersebut karena didukung oleh faktor-faktor: Kedisiplinan guru sebagian memang sudah baik, lingkungan disekitar pada sebagian besar anak cukup baik, latar belakang pendidikan sebagian guru cukup memadai, sebagian guru cukup berpengalaman dalam mengajar. Adapun faktor yang menghambat penggunaan metode keteladanan dalam pembinaan kedisiplinan siswa di SMP BPPI Baleendah yaitu: Kurangnya kesadaran sebagian anak untuk mencontoh perilaku yang baik, kurangnya fasilitas seperti, lingkungan sekitar pada sebagian anak didik kurang baik. Penggunaan metode keteladanan oleh guru di SMP BPPI Baleendah tergolong baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Uswah Hasanah; Kedisiplinan;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eggy Chandra
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:16
Last Modified: 24 Aug 2020 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32723

Actions (login required)

View Item View Item