Pengaruh metode Scaffolding terhadap pemecahan masalah bidang matematika pada siswa kelas X SMA di Kabupaten Majalengka

Rahman, Agitsna Nur (2019) Pengaruh metode Scaffolding terhadap pemecahan masalah bidang matematika pada siswa kelas X SMA di Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa terutama pada pelajaran matematika. Namun, belum banyak siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Agar kemampuan ini baik maka diperlukan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami setiap masalah yang dihadapinya, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran scaffolding disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode scaffolding terhadap pemecahan masalah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasokandel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment nonequivalent control grup design. Subjek penelitian ini adalah 176 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasokandel yang dibagi menjadi dua kelompok, pertama kelompk eksperimen 88 orang dan kelompok kontrol 88 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis untuk mengukur tingkat pemecahan masalah pada siswa. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Mann-Whitney diketahui bawah nilai p yaitu 0.000 > 0.05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian metode scaffolding terhadap pemecahan masalah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasokandel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Scaffolding; Pemecahan Masalah;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Agitsna Nur Rahman
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:31
Last Modified: 24 Aug 2020 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32713

Actions (login required)

View Item View Item