Strategi peliputan Feature Travelog : Studi deskriptif pada media Ayobandung.com

Suryana, Yurhi Khoerunnisa (2019) Strategi peliputan Feature Travelog : Studi deskriptif pada media Ayobandung.com. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Pariwisata menjadi suatu aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang. Media massa menjadi salah satu sumber bagi wisatawan untuk mencari informasi seputar tempat wisata yang ingin dikunjungi. Oleh karena banyak sekali orang yang mengakses informasi seputar wisata. Peliputan merupakan langkah awal dalam proses pembuatan berita.Dalam proses tersebut tentunya ada tahapan-tahapan yang harus dikerjakan demi mencapai suatu tujuan yaitu membuat berita yang baik dan layak untuk dipublikasikan. Tahapan-tahapan peliputan terdiri dari pra peliputan dan pasca peliputan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peliputan feature travelog yang dilakukan media Ayoabandung.com. Bagaimana wartawan meliput berita baik saat persiapan sebelum terjun ke lapangan maupun setela mendapatkan data dan fakta yang kemudian diolah menjadi sebuah naskah berita. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan medtode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan media Ayobandung.com serta proses dalam peliputan feature travelog. Dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah wartawan Ayobandung.com dalam membuat strategi peliputan feature travelog mulai dari perencanaan peliptan yang meliputi penentuan isu dan topik yang didapatkan dai hal-hal yang sedang menjadi trending, pelaksanaan peliputan dilakukan dengan memilih sumber berita dengan melakukan observasi langsung dan wawancara narasumber, dalan evaluasi dilakukan rapat redaksi, feature travelog harus memiliki unsur menarik. ENGLISH : Travelling becomes an activity which is often done by many people. The mass media is needed for tourists in finding information about the tourist places that they want to visit. Therefore many people access information about tourism in mass media. Coverage is the first step in the process of making news. In the process there are stages that must be done in order to achieve a goal which is to make good news and suitable for publication.Stages of making coverage is consists of pre-coverage and post-coverage. This study aims to determine the travelogue feature coverage strategy carried out by media Ayobandung.com. How reporters cover the good news when preparing before plunging into field or after getting data and facts which are then processed into a news script The method used in this research is to use a descriptive method with a qualitative descriptive. Approach to describing the media Ayobandung.com and the process of covering Travelogue feature.data collection used in this study are interview and observation techniques The results of this study are Ayobandung.com journalists in making travelog feature coverage strategies starting from planning planning which includes determining issues and topics obtained from things that are being trending. , in an evaluation conducted by an editorial meeting, the travelog feature must have an interesting element.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Peliputan; Feature Travelog
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Yurhi Khoerunnisa Suryana
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:20
Last Modified: 24 Aug 2020 06:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32708

Actions (login required)

View Item View Item