Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesadaran sanitasi lingkungan melalui budidaya maggot: Studi deskriptif di Kelurahan Suka Asih Kecamatan Bojongloa Kota Bandung

Misbahudin, Agus Didin (2020) Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesadaran sanitasi lingkungan melalui budidaya maggot: Studi deskriptif di Kelurahan Suka Asih Kecamatan Bojongloa Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian, keberadaan masyarakat dan lingkungan tidak bisa dipisahkan antara satu sama lain. Permasalahan sampah diperkotaan dengan lahan yang tidak luas untuk penanganan sampah ini mengharuskan lembaga memiliki peran lebih. Lembaga pemberdayaan masyarakat harus melakukan usaha maksimal untuk membuat lingkungan tetap dalam keadaan bersih dan nyaman melalui berbagai program salah satunya budidaya maggot diharapkan mampu menjadi solusi sampah khususnya sampah organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana upaya yang dilakukan oleh LPM dalam meningkatkan kesadaran sanitasi lingkungan, mengetahui indikator perubahan kebiasaan masyarakat dalam sanitasi lingkungan, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mencapai perbaikan sanitasi lingkungan. Melalui budidaya maggot diharapkan mampu memberikan pendidikan sekaligus penanganan sampah di Kelurahan Suka Asih. Dengan mengambil metode penelitian kualitatif empiris, dengan mengamati secara langsung atau secara alami ke objek penelitian dengan metode pengumpulan data; studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keberhasilan dalam perilaku masyarakat dengan dicirikan masyarakat mau membawa sampah yang berada dilingkungannya untuk dikelola di kelurahan dan mau berpartisifasi dalam program pemerintah kelurahan khususnya dalam kebersihan lingkungan. Hal ini, tidak lepas dari peran lembaga dalam mengelola program. Peran dan kedudukan menjadi hal penting dalam sebuah tatanan kehidupan masyarakat. Menerapkan peraturan dan membiasakan perilaku masyarakat membutuhkan usaha dan peraturan yang benar-benar bersumber dari kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat mau berpartisifasi dalam program pemerintah secara penuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; LPM; Sanitasi Lingkungan; Pemberdayaan; Budidaya Maggot
Subjects: Communities
Environmental Protection Engineering > Sanitary Engineering for Rural Areas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Agus Didin Misbahudin
Date Deposited: 24 Aug 2020 00:37
Last Modified: 24 Aug 2020 00:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32667

Actions (login required)

View Item View Item