Hubungan kompetensi profesional guru PAI dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung

Wulandari, Fadhiila Dwi (2020) Hubungan kompetensi profesional guru PAI dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMP Triyasa Bandung mengenai kompetensi profesional guru PAI yang sudah cukup baik, namun hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI belum dapat dikategorikan baik. Hal ini terlihat dari kesulitan siswa ketika menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, baik secara tertulis maupun secara lisan. Sehingga hal ini menimbulkan pertanyaan besar bagi peneliti, apakah terdapat hubungan antara kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru PAI, dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kompetensi profesional guru PAI berdasarkan persepsi siswa, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, 3) Hubungan antara kompetensi profesional guru PAI dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain adalah kompetensi profesional guru PAI. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik kompetensi profesional guru PAI maka semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran PAI. Begitupun sebaliknya. Metode peneltian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui: 1) Observasi, untuk memperoleh data kondisi objektif lokasi penelitian, 2) Wawancara, untuk memperoleh data profil lokasi penelitian, 3) Angket, untuk memperoleh data kompetensi profesional guru PAI berdasarkan persepsi siswa, 4) Studi Dokumentasi, untuk memperoleh data mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, 5) Studi Kepustakaan, untuk memperoleh teori mengenai kompetensi professional dan hasil belajar, 6) Tes, untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis Parsial, 2) Analisis Korelasi, 3) Validitas Instrumen, 4) Reliabilitas Instrumen. Sampel pada penelitian ini adalah 90 siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Kompetensi profesional guru PAI berkategori cukup baik dengan angka 2,91 yang berada pada interval 2,60-3,39, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI berkategori cukup baik, dengan nilai 60,86 yang berada pada interval 60-69, 3) Hubungan antara kompetensi profesional guru PAI dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI berkategori sangat tinggi dengan nilai Rsquare 0,976. Untuk signifikansi hubungan antara kompetensi guru dengan hasil belajar diperoleh hasil thitung> ttabel dengan angka 190,744>1,987. Oleh karena, itu hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru PAI dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fadhiila dwi wulandari
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:41
Last Modified: 24 Aug 2020 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32658

Actions (login required)

View Item View Item