Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel merindu baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy : Studi analisis terhadap novel merindu baginda Nabi

Gumelar, Gun-Gun (2020) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel merindu baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy : Studi analisis terhadap novel merindu baginda Nabi. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meredupnya nilai-nilai pendidikan Islam di negara mayoritas muslim. Masyarakat muslim Indonesia banyak yang kehilangan identitas kemuslimannya. Hal ini disebabkan pengenalan nilai-nilai pendidikan Islam yang kurang efektif. Kemudian penulis melihat salah satu novel Islami karya Habiburrahman El Shirazy yang laku di pasaran bahkan menjadi Best Seller, serta di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan Islam. Novel tersebut dapat menjadi sarana untuk mengenalkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada masyarakat, karena novel merupakan salah satu karya yang sangat diminati masyarakat sehingga diharapkan dengan membaca novel Islami banyak yang mengerti bagaimana indahnya nilai-nilai Islam. bahkan lebih dari itu, diharapkan banyak pula yang menerapkan nilai-nilai islami dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui uraian singkat novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy, dan mengetahui analisis ilmu pendidikan Islam terhadap nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), selanjutnya penelitian ini menggunakan metode analisis konten dengan menggunakan teori-teori Ilmu Pendidikan Islam serta menghubungkan dengan karya-karya novel lainnya untuk menemukan suatu keserasian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan dokumentasi, serta tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy berdasarkan kajian Ilmu Pendidikan Islam adalah (1) Nilai pendidikan aqidah diantaranya: iman kepada Allah SWT, iman kepada Malaikat, iman kepada kitab, iman kepada Rasulullah SAW dan iman kepada takdir (2) Nilai pendidikan ibadah diantaranya: shalat, haji, umrah, berdoa, dzikir, taubat, membaca shalawat, tolong menolong, sabar, ikhlas, syukur, husnudzan, menepati janji, dermawan, jujur, ta’dzim, amanah, ikhtiar, silaturahmi, toleransi, tawadhu dan optimis. (3) Nilai pendidikan akhlak diantaranya: akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap Rasulullah SAW, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap masyarakat dan akhlak terhadap guru. El Shirazy

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam; Merindu Baginda Nabi; Habiburrahman;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gun gun gumelar
Date Deposited: 19 Aug 2020 05:30
Last Modified: 19 Aug 2020 05:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32657

Actions (login required)

View Item View Item