Muhasabah sebagai metode dalam meningkatkan kemampuan Self-Regulated Learning

Aisyah, Hanna (2020) Muhasabah sebagai metode dalam meningkatkan kemampuan Self-Regulated Learning. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy

Abstract

Setiap sekolah tentu mengharapkan siswa-siswanya dapat melaksanakan proses pembelajaran secara optimal agar kelak menjadi orang yang berkualtitas, baik dalam hal akademik maupun kepribadiannya. Namun pada kenyataannya, upaya dalam membina siswa tidak selalu berjalan lancar. Ada banyak lika-liku permasalahan siswa yang kerap kali timbul, seperti perihal kurangnya kedisiplinan, rendahnya motivasi belajar, serta sikap dan perilaku siswa yang mencakup pada self-regulated learning siswa yang rendah. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, muḥāsabah merupakan metode yang tepat yang perlu dilakukan oleh setiap siswa. Di SMA Plus Al-Ghifari, muḥāsabah telah dijadikan sebagai sebuah metode sekaligus kegiatan dalam meningkatkan kualitas kepribadian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai latar belakang kegiatan muḥāsabah di SMA Plus Al-Ghifari, mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan muḥāsabah, serta mengetahui apa saja peran muḥāsabah dalam meningkatkan self-regulated learning siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif serta menggunakan tiga teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan menyalin dokumen. Observasi dilakukan secara langsung di wilayah SMA Plus Al-Ghifari. Kemudian jenis wawancara menggunakan jenis wawancara semi-terstruktur, yang mana peneliti hanya menyiapkan beberapa pertanyaan kunci sebagai acuan untuk mengarahkan topik saat wawancara berlangsung. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa yang telah terpilih menjadi informan dan dianggap mampu memberikan informasi yang diharapkan. Dari penelitian ini, maka diperoleh hasil bahwa muḥāsabah memiliki peran penting dalam tiga aspek kehidupan yaitu aspek spiritual, aspek sosial, dan aspek pendidikan. Adapun pada aspek pendidikan, muḥāsabah berperan penting dalam meningkatkan self-regulated learning siswa berupa tumbuhnya sikap tanggung jawab, disiplin diri, motivasi belajar, memiliki target dan tujuan, manajemen waktu yang baik, dan mampu mengatasi permasalahan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Muhasabah; Self-Regulated Learning; Siswa.
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hanna Aisyah
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:56
Last Modified: 18 Aug 2020 04:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32629

Actions (login required)

View Item View Item