Pengaruh Current Ratio dan Free Cash Flow terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari'ah Indonesia (ISSI) : Studi kasus di PT. Timah Tbk. periode 2009-2018

Hayati, Lena Salma (2020) Pengaruh Current Ratio dan Free Cash Flow terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari'ah Indonesia (ISSI) : Studi kasus di PT. Timah Tbk. periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

Dividend Payout Ratio merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur persentase laba bersih yang dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen untuk periode waktu tertentu. Dengan kata lain, rasio ini menunjukan seberapa tinggi porsi keuntungan yang diberikan kepada pemegang saham (investor) dan porsi keuntungan yang digunakan untuk mendanai kelangsungan operasional perusahaan. Dividend Payout Ratio dipengaruhi oleh Current Ratio dan Free Cash Flow. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Dividend Payout Ratio; pengaruh Free Cash Flow secara parsial terhadap Dividend Payout Ratio serta pengaruh Current ratio dan Free Cash Flow secara simultan terhadap Dividend Payout Ratio pada PT. Timah Tbk. Penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa apabila Current Ratio dan Free Cash Flow secara parsial naik maka Dividend Payout Ratio akan naik pula. Dengan asumsi semakin besar Current Ratio dan Free Cash Flow yang diperoleh perusahaan maka semakin besar pula Dividend Payout Ratio atau total laba yang tersedia bagi pemegang saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan berupa angka yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Timah Tbk. periode 2009-2018 yang telah dipublikasi. Analisis data yang digunakan antara lain analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi parsial dan simultan, analisis koefisien determinasi, uji t serta uji f. Adapun pengolahan data menggunakan perhitungan manual dengan Microsoft Excel 2010 sebagai alat bantu dan perhitungan menggunakan SPSS for windows versi 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Current Ratio tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio yang dibuktikan dari besar nilai koefisien determinasi sebesar 15,3% . Pada variabel Free Cash Flow secara parsial tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 36,8%. Kemudian secara simultan, diketahui bahwa hasil koefisien determinasi sebesar 43,5% artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti Current Ratio dan Free Cash Flow tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Free Cash Flow; Dividend Payout Ratio.
Subjects: Collections of General Statistics
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Lena Salma hayati
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:31
Last Modified: 18 Aug 2020 04:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32617

Actions (login required)

View Item View Item