Pendidikan agama Islam pada anak masyarakat adat : Studi kasus pada masyarakat adat kampung Naga Tasikmalaya

Munadi, Hasan (2020) Pendidikan agama Islam pada anak masyarakat adat : Studi kasus pada masyarakat adat kampung Naga Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keteratarikan peneliti bahwa Pendidikan Agama Islam bukan hanya diterapkan di Lembaga formal saja, akan tetapi pendidikan masyarakat pun sangat diperlukan dalam proses Pendidikan Agama Islam. Masyarakat adat Kampung Naga memperlihatkan perannya dalam pendidikan agama, hal ini menjadi formula dalam menanamkan keteladanan pada anak berbasis kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Tujuan Pendidikan Agama Islam pada Anak Masyarakat Adat di Kampung Naga Tasikmalaya, 2). Proses pelaksanaannya dan 3). Hasil dari proses pendidikan yang diberikan. Bertolak dari latar belakang dan tujuan penelitian di atas, pemikiran penelitiannya bahwa Pendidikan adalah proses pewarisan budaya dan karakter bangsa bagi generasi muda dan juga proses pengembangan budaya dan karakter bangsa untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian kualitatif merupakan sebuah metode untuk mengeksplorasi dan memahami “makna” yang berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan dengan pendekatan deskriftif-analitis yang mengungkap proses Pendidikan Agama Islam pada Anak Masyarakat Adat di Kampung Naga Tasikmalaya, dan untuk analisis data nya menggunakan reduksi data, penyajian dan penyimpulan data. Dari penelitian ini menghasilkan informasi bahwa 1). Tujuan dari Pendidikan Agama Islam pada anak masyarakat adat di Kampung Naga adalah untuk memperkuat keimanan kepada Allah swt, menumbuhkan rasa syukur kepada Allah Swt sebagai pemilik alam semesta, memperkuat Islam beriringan dengan budaya, menguatkan nilai-nilai kearifan lokal budaya, menjaga kelestarian alam, menciptakan karakter Islami pada anak. 2). Proses pelaksanaannya diterapkan dalam bentuk keteladanan masyarakat kepada anak-anaknya melalui berbagai macam upacara adat diantaranya yaitu upacara hajat sasih, upacara menyepi, upacara khitanan (gusaran) dan upacara kawinan juga dengan pengajian rutinan anak anak setelah maghrib di masjid. 3). Hasil penerapan Pendidikan Agama Islamnya adalah menghasilkan Islam yang akulturasi (bergandengan dengan budaya) dan terbentuk akhlak/karakter anak untuk mencintai alamnya sebagai anugrah dari Allah Swt, tercipatanya karakter religius, mandiri, bertanggung jawab, menghormati orangtua, gotong royong, ramah dan percaya diri. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, masyarakat adat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; masyarakat adat; anak; kampung naga
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasan Munadi
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:39
Last Modified: 18 Aug 2020 01:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32608

Actions (login required)

View Item View Item