Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan disiplin organisasi terhadap komitmen organisasi : Studi kasus pada Mahasantri Pondok Pesantren Al-Wafa' Cibiru Hilir Kabupaten Bandung

Harahap, M Sya'ban (2020) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan disiplin organisasi terhadap komitmen organisasi : Studi kasus pada Mahasantri Pondok Pesantren Al-Wafa' Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan trnasformasional dan disiplin organisasi terhadap komitmen organisasi pada Mahasantri Pondok Pesantren Al-Wafa’ cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Data yag digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner oleh responden yaitu Mahasantri. Variabel independen dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan transformasional dan disiplin organisasi, dan variabel dependennya adalah komitmen organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik Person administered survey yaitu dengan berhadap langsung dan mendampingi responden selama mengisi kuesioner. Dalam penelitiannya, variabel independen adalah gaya kepemimpinan transformasional sebagai X1 dan disiplin organisasi sebagai X2, dan variabel dependen adalah komitmen organisasi sebagai Y. penelitian ini juga menggunakan beberapa analisa data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial gaya kepemimpinan transformasional memiliki pegaruh terhadap komitmen organisasi dan pada varibel disiplin organisasi memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi. Hasil kedua variabel pun secara simultan menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan disiplin organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) adalah 0,497 atau 49,7% yang artinya bahwa kedua variabel independen tersebut memiliki factor pengaruh terhadap komitmen organisasi, sisanya 50,3% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan transformasional; disiplin organisasi; komitmen organisasi
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: M Syaban Harahap
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:51
Last Modified: 19 Aug 2020 06:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32601

Actions (login required)

View Item View Item