Model komunikasi pemberdayaan masyarakat dalam menyampaikan pesan P2K2 : Penelitian program keluarga harapan Desa Pasirmuncang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor

fatimah, siti (2019) Model komunikasi pemberdayaan masyarakat dalam menyampaikan pesan P2K2 : Penelitian program keluarga harapan Desa Pasirmuncang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) pada Program Keluarga Harapan (PKH) serta model komunikasi pemberdayaan masyarakat di Desa Pasirmuncang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) merupakan salah satu program dari PKH untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai pentingnya pendidikan, kesehatan dan pengelolaan keuangan bagi keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses komunikasi pemberdayaan dalam pelaksanaan program Keluarga Harapan (PKH) dalam upaya mensejahterakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Pasirmuncang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor serta untuk mengetahui model komunikasi pemberdayaan yang digunakan oleh pendamping sosial Desa Pasirmuncang Kecamatan Caringin dalam pelaksanaan P2K2 Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah difusi inovasi. Teori ini dipandang tepat karena dalam penelitian ini akan menguraikan proses komunikasi dan model komunikasi dalam pelaksanaan P2K2 di Desa Pasirmuncang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Jenis data penelitian dalam penelitian ini mengunakan kualitatif sedangkan sumber data pada penelitian terbagi ke dalam dua bagian yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data di antaranya; reduksi data, dispay data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Musyawarah sebagai proses komunikasi pemberdayaan dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), Model komunikasi yang digunakan dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) adalah model komunikasi dialogis dan persuasif dengan menggunakan pendekatan partisipatoris sehingga adanya kekompakan dan kesetaraan antara pendamping sosial dengan keluarga penerima manfaat, yakni sama-sama sebagai subyek pemberdayaan. Sehingga diantara mereka yang terlibat komunikasi tidak ada perasaan inferior dan superior, dan hasil komunikasinya dianggap sebagai sharing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model komunikasi;program keluarga harapan;menyampaikan pesan
Subjects: Communications Telemunications
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 14 Aug 2020 08:07
Last Modified: 14 Aug 2020 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32588

Actions (login required)

View Item View Item