Pengaruh penerapan model ICARE berbantuan media Powtoon terhadap kemampuan pemahaman matematis dan Math Anxiety

Sholihatunnisa, Leili (2020) Pengaruh penerapan model ICARE berbantuan media Powtoon terhadap kemampuan pemahaman matematis dan Math Anxiety. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Dafus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa berdasarkan PAM yang menggunakan pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; c) sikap math anxiety siswa terhadap pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri 1 Cileunyi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan VIII K sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tentang kemampuan pemahaman matematis dan non tes tentang skala sikap math anxiety. Hasil penelitian ini yaitu: (a) peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang menggunakan pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon lebih baik dengan rata-rata n-gain 0,59 dibandingkan dengan siswa pada pembelajaran konvensional dengan peroleh rata-rata n-gain 0,36; (b) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa berdasarkan PAM yang memperoleh pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (c) sikap siswa menunukkan sikap positif mengenai math anxiety dan berinterpretasi baik terhadap pembelajaran Powtoon pada materi SPLDV. Pembelajaran dengan model ICARE berbantuan media Powtoon mampu membuat siswa untuk mengkontruksi pengetahuannya secara mandiri, berinteraksi sosial, menemukan pengetahuan baru, serta melakukan refleksi sehingga memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan berinterpretasi baik terhadap math anxiety siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman matematis; Pembelajaran ICARE; Powtoon;Math anxiety;
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Leili Sholihatunisa
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:53
Last Modified: 14 Aug 2020 04:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32579

Actions (login required)

View Item View Item