Penafsiran tentang keadilan menurut wahbah al-zuhayli dalam tafsir al-wasith: Telaah akar kata al-'adl, al-qist dan al-mizan

Rosyadah, Indriani Fajriyah (2019) Penafsiran tentang keadilan menurut wahbah al-zuhayli dalam tafsir al-wasith: Telaah akar kata al-'adl, al-qist dan al-mizan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Keadilan merupakan sesuatu yang sangat signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Berlaku adil merupakan salah satu prinsip islam yang di jelaskan dalan berbagai nas Al-Qur'an. Banyak ulama yang membahas tentang keadilan, diantaranya adalah Wahbah al-zuhayli merupakan seorang pembaharu islam yang banyak mendapat sorotan. Tak jarang yang kemudian bersikap alergi terhadap pemikirannya. Tapi. Banyak karya besar telah lahirkannya dan diantara pemikiran menarik dari Wahbah al-zuhayli adalah tentang keadilan. Tujuan penelitian ini adalah yang pertama, untuk mengetahui bagaimana penafsiran wahbah al-zuhayli terhadap ayat-ayat tentang keadilan dalam tafsir al-wasith yang di presentasikan dalam term al-adl, al-qist dan al-mizan. Kedua, untuk mengetahui persamaan dan perbedaan konsep keadilan dari term al-adl, al-qist dan al-mizan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu suatu bentuk penelitian yang meliputi proses pengumpulan dan penyusunan data, selain metode tersebut, pendekatan sejarah historical approach juga di perlukan dalam menganalisis data penelitian, baik untuk membahas tentang biografi, aktifitas keilmuan, dan realitas sejarah semasa wahbah al-zuhayli. Hasil dari penelitian ini bahwa menurut wahbah al-zuhayli keadilan (al-adl) yaitu yang membahas diantaranya adalah peradilan atau hukum, masalah poligami dan penyelesaian konflik, adil dalam kehidupan pribadi, adil dalam kehidupan berumah tangga diantaranya adalah suami yang adil, istri yang adil dan anak yang adil, serta ada adil dalam kehidupan sosial dan adil sebagai jabatan sebagai amanah. Al-qist diantaranya adalah membahas masalah anak yatim, takaran dan timbangan, hubungan antar agama, dan balasan amal perbuatan di akhirat. Sedangkan al-mizan pun diantaranya membahas tentang amal perbuatan yang akan ditimbang, pelaku perbuatan dan hal yang akan ditimbang kelak adalah pelaku amal perbuatan, dan catatan (lembaran-lembaran) amal perbuatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tafsir; al-'adl; al-qist; al-mizan
Subjects: God > Justice and Goodness
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Indriani Fajriyah Rosyadah
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:37
Last Modified: 13 Aug 2020 02:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32557

Actions (login required)

View Item View Item