Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah: Penelitian dan pengembangan terhadap siswa kelas X MIPA 3 SMAN 26 Bandung

Maulani, Ashri Rianti (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah: Penelitian dan pengembangan terhadap siswa kelas X MIPA 3 SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh pemikiran tentang pentingnya pengembangan lembar kegiatan alternatif bagi siswa dalam mata pelajaran Biologi di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan lembar kegiatan siswa berbasis predict-observe-explain pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Lembar Kegiatan Siswa dibuat dengan metode research and development (R&D) dan model desain ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu format uji kelayakan, soal tes dan angket respon. Format LKS yang dihasilkan divalidasi, hasil uji validasi empat ahli terhadap format LKS berbasis POE dinyatakan memenuhi syarat (valid), dengan nilai rata-rata rhitung sebesar 0,97 dan hasil validasi uji keterbacaan diperoleh rata-rata 0,98 sehingga LKS berbasis POE berada pada kualifikasi layak dan produk siap diimplementasikan di lapangan. Berdasarkan analisis uji t-berpasangan nilai t hitung 23,72 > t tabel 2,04 → H0 ditolak dengan ∞5%, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan LKS berbasis POE. Sebagian besar siswa menunjukkan respon yang sangat baik terhadap penggunaan LKS berbasis POE dengan rata-rata 3,60 dan persentase 89,96% artinya siswa merasa senang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS berbasis POE dan respon positif tersebut dapat menunjang tercapainya hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: lembar kegiatan siswa; POE; hasil belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:06
Last Modified: 11 Aug 2020 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item View Item