Peningkatan kemampuan pemahaman dan self habits of mind matematis siswa melalui pembelajaran Metaphorical Thinking berbantuan aplikasi Powtoon: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Triyasa Kota Bandung

Aidah, Didah Husnul (2020) Peningkatan kemampuan pemahaman dan self habits of mind matematis siswa melalui pembelajaran Metaphorical Thinking berbantuan aplikasi Powtoon: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Triyasa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa berdampak pada proses dan hasil belajar. Sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis melalui pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon.Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman dan self habits of mind matematis siswa terhadap pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini sebanyak enam kelas dengan sampel dua kelas. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes yaitu kemampuan pemahaman matematis siswa dan non tes yaitu angket skala sikap self habits of mind. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon dengan pembelajaran konvensional. (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah). (c) Terdapat perbedaan peningkatan Self Habits Of Mind siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon. Pembelajaran metaphorical thinking memfasilitasi proses konstruksi, penemuan, interaksi sosial dan refleksi sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan self habits of mind matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman matematis; self habits of mind; metaphorical thinking; aplikasi powtoon
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Didah Husnul Aidah
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:55
Last Modified: 11 Aug 2020 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32512

Actions (login required)

View Item View Item