Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi vertebrata: Penelitian pre-eksperimen pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tambelang

Sartika, Dewi (2017) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi vertebrata: Penelitian pre-eksperimen pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tambelang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya dalam ranah kognitif, karena banyak siswa yang lebih cenderung menghafal konsep tanpa memahami maksud dan isinya, permasalahan lain yang muncul adalah siswa beranggapan bahwa salah satu pelajaran yang dianggap sulit adalah.Biologi, KKM mata pelajaran Biologi kelas X Semester II SMAN 1 Tambelang adalah 75. Nilai hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya keaktifan dan proses pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS), mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah diterapkan model Think Pair Share (TPS), serta mendeskripsikan proses penerapan model Think Pair.Share.(TPS).pada.materi.vertebrata.sub.konsep.amphibi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMAN 1 Tambelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model Think Pair Share (TPS) mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terlaksana dengan baik. Perencanaan pembelajaran hasil validasi LKS (90,67%) dan RPP (92,54) dengan kriteria layak. Pelaksanaan pembelajaran dikelas X MIA 2 dengan aktivitas guru dan aktivitas siswa (85.72%) dengan kriteria sangat baik, pelaksanaan pembelajaran dikelas X MIA 3 dengan aktivitas guru (85,72) dan aktivitas siswa (85,71) dengan kriteria sangat. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) memperoleh persentase ketuntasan KKM = 90,32% dan kriteria penguasaan materi sangat baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas X MIA 2 menunjukkan nilai thitung (34,33) > ttabel (2,04) dan pada kelas X MIA 3 nilai thitung (15,65).>.ttabel.(2,04),.maka.H0.ditolak.dan.Ha.diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi vertebrata sub konsep amphibi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa; model think pair share; vertebrata
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 10 Aug 2020 01:51
Last Modified: 10 Aug 2020 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32500

Actions (login required)

View Item View Item