Penerapan media edmodo berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa pada materi sistem reproduksi manusia

Oktaviana, Rina (2020) Penerapan media edmodo berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan terutama dalam memilih media berbasis e-learning hasil studi pendahuluan diperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran biologi yaitu 78 sedangkan rata-rata nilai siswa yaitu 65 dengan presentase kelulusan sebesar 60%, sehingga belum memenuhi ketuntasan minimal dan pembelajaran yang telah dilaksanakan kurang melibatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan berkomunikasi, lembar validasi dan angket. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa memperoleh presentase sebesar 80,3% untuk aktivitas guru dan 91,3% untuk aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik. Kemampuan berkomunikasi siswa dengan hasil pretest 66,5 dan postest 86,6. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung(25,91)< ttabel (1,99) dimana H0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan adanya peningkatan antara pretest dengan posttets yang signifikan dan rata-rata nilai n-gain sebesar 0, 72 kategori tinggi serta respon positif siswa terhadap penggunaan media edmodo sebesar 78% dengan kategori baik, sehingga dapat disimpulkan penggunaan media edmodo dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media edmodo; e-learning; kemampuan berkomunikasi siswa; sistem reproduksi manusia
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rina oktaviana
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:59
Last Modified: 07 Aug 2020 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32469

Actions (login required)

View Item View Item