Penyelesaian masalah penugasan dengan menggunakan Heuristic Method dan Transportation Vogel’s Approximation Method (TVAM)

Gemilang, Gany (2020) Penyelesaian masalah penugasan dengan menggunakan Heuristic Method dan Transportation Vogel’s Approximation Method (TVAM). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy

Abstract

Masalah penugasan merupakan salah satu bagian dari pemrograman linear yang sering dijumpai dikehidupan sehari-hari. Pada umumnya, masalah penugasan menugaskan m tugas yang harus dilakukan oleh n pekerja dengan kondisi setiap pekerja memiliki kemampuan yang berbeda untuk pekerjaan yang berbeda pula. Heuristic Method dan TVAM merupakan metode untuk memecahkan masalah penugasan. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengoptimalkan setiap pekerja dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga dapat meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Heuristic Method merupakan metode baru dengan cara mencari pinalti maksimal untuk menentukan biaya terendah pada kasus minimasi dan biaya terbesar pada kasus maksimasi. Sedangkan TVAM merupakan metode baru dengan cara mengurangkan nilai terkecil pada kasus minimasi dan nilai terbesar pada kasus maksimasi disetiap barisnya, lalu kurangkan nilai terkecil pada setiap kolomnya, selanjutnya cari pinalti dengan nilai paling besar untuk memilih elemen terkecil pada pinalti yang dipilih. Pada dasarnya kedua metode ini menghasilkan solusi optimal yang sama, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut diakibatkan oleh reduksi pada hasil pengalokasian. Terdapat dua kasus dan dua jenis data dimasalah penugasan, yaitu kasus minimisasi, maksimisasi dan data yang seimbang, tidak seimbang. Dalam empat contoh kasus diperiksa oleh Heuristic Method dan TVAM. Untuk contoh kasus I, II, dan IV didapat solusi optimal dan jumlah iterasi yang sama sedangkan untuk contoh kasus III data seimbang dengan kasus maksimasi didapat solusi optimal yang berbeda dimana dengan menggunakan Heuristic Method didapat solusi optimal sebesar 648 pakaian perminggunya dengan 8 iterasi sedangkan menggunakan TVAM didapat solusi optimal sebesar 647 pakaian perminggunya dengan 8 iterasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Riset Operasi; Optimisasi; Pemrograman Linear; Masalah Penugasan; Heuristic Method; TVAM.
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Applied mathematics > Programming Mathematics
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Gany Gemilang
Date Deposited: 11 Aug 2020 08:14
Last Modified: 11 Aug 2020 09:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32468

Actions (login required)

View Item View Item