Pengembangan modul pembelajaran kontekstual berbasis inquiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi

Argiansyah, Mohamad Ilham (2017) Pengembangan modul pembelajaran kontekstual berbasis inquiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kontekstual berbasis inquiri terbimbing pada materi usaha energi dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan modul pembelajaran tersebut.. Penelitian ini meng-gunakan metode penelitian pengembangan dengan model Design Development Research (DDR), dengan tahapan planning, production, dan evaluation. Modul pembelajaran divalidasi oleh tiga validator yaitu ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran fisika. Hasil rata-rata nilai modul pembelajaran dari seluruh validator 81 dengan kategori layak digunakan dengan predikat baik. Penerapan modul dalam pembelajaran menggunakan metode pre experiment, dengan desain one group pretest posttest design. Populasi yang dipakai adalah peserta didik kelas X MIA MAS Al-Istiqomah, sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling diperoleh X MIA 2 sebanyak 30 orang. Hasil pepenerapan menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan peserta didik setiap pertemuannya dengan rata-rata 85% dengan kategori baik sekali. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada sub materi perpindahan kalor sebesar 0,36 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan, modul pembelajaran kontektual berbasis inquiri terbimbing pada materi usaha dan energi layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran; kontekstual; inquiri terbimbing; keterampilan berpikir kreatif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Classical Mechanics, Solid Mechanics > Energy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:21
Last Modified: 07 Aug 2020 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32458

Actions (login required)

View Item View Item