Minat sekolah remaja pada masyarakat kawasan industri: Penelitian di desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

Solihat, Reni Septiani (2017) Minat sekolah remaja pada masyarakat kawasan industri: Penelitian di desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini berdasar pada banyaknya remaja di Desa Rancamanyar memilih untuk langsung bekerja daripada harus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena dengan bekerja mereka bisa langsung mendapatkan uang daripada harus sekolah cape dan prosesnya lama. Hal ini terlihat dari banyak remaja yang bekerja di pabrik/home industry, remaja putus sekolah, juga ada yang berangkat dari rumahnya sekolah, namun bolos dari sekolahnya. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui persepsi remaja terhadap pendidikan pada masyarakat kawasan industri di Desa Rancamanyar Kecamataan Baleendah Kabupaten Bandung (2) Untuk mengetahui peran orangtua terhadap rendahnya minat remaja dalam pendidikan di Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat rendahnya minat sekolah remaja di Desa Rancamanyar Kecamataan Baleendah Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial Max Weber dan Teori Pertukaran Sosial George C. Homans dimana teori Tindakan Sosial menurut Max Weber seseorang dalam bertindak tidak hanya sekedar melaksanakannya tetapi juga menempatkan diri dalam lingkungan berfikir dan perilaku orang lain, tindakan tersebut juga sebagai hasil dari lingkungan sekitar orang tersebut dan juga dari perilaku-perilaku orang lain. Sedangkan teori Pertukaran Sosial menurut George C. Homans yaitu bahwa dalam sebuah hubungan sosial terdapat unsur ganjaran, pengorbanan, dan keuntungan yang saling mempengaruhi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang menggambarkan secara objektif persepsi remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi dan hasil yang dicapai remaja dari sekolah dan bekerja. Lokasi penelitian di Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa minat remaja terhadap pendidikan di Desa Rancamanyar ini rendah, terlihat dari kebanyakan remaja lebih memilih untuk langsung bekerja. Peran orangtua terhadap rendahnya minat sekolah remaja dalam pendidikan sangat penting untuk masa depan anaknya, namun ada yang mendukung dan ada yang sebaliknya. Faktor pendukung dan penghambatnya adalah keberadaan kawasan industri di daerah tersebut, faktor ekonomi, faktor dari dalam diri individu, dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: minat remaja; pendidikan; kawasan industri; tindakan sosial; dan pertukaran sosial
Subjects: Education > Sociology of Education
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:20
Last Modified: 07 Aug 2020 02:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32451

Actions (login required)

View Item View Item