Penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) untuk meningkatkan keterampilan informasi peserta didik pada materi pemanasan global

Gustiani, Hani (2017) Penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) untuk meningkatkan keterampilan informasi peserta didik pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Keterampilan informasi sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Namun berdasarkan fakta studi pendahuluan keterampilan informasi rendah. Hasil wawancara dengan guru bidang studi fisika diperoleh informasi bahwa pada proses pembelajaran masih didominasi dengan ceramah meskipun didalamnya terdapat diskusi namun peserta didik terlihat kurang antusias dalam mencari informasi yang ditugaskan oleh guru. Hal ini disebabkan karena peserta didik belum terbiasa dalam mencari informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan mengggunakan model GI (Group Investigation) dan peningkatan keterampilan informasi peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran GI (Group Investigation) pada materi pemanasan global. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI IPA SMAN 26 Bandung yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 246 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI IPA 5 yang berjumlah 37 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-grup pretest-posttest. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan lembar observasi sedangkan keterampilaan informasi peserta didik diukur dengan soal uraian. Secara keeluruhan presentase keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik untuk ketiga pertemuan adalah 85,8 dengan kategori sangat baik. Hal ini berimplikasi pada meningkatnya keterampilan informasi peserta didik pada maateri pemanasan global dengan N-gain 0,7. Dengan demikian, model pembelajaran GI (Group Investigation) dapat dijadikan salah satu model untuk meningkatkan keterampilan informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: group investigation; keterampilan infomasi; pemanasan global
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Aug 2020 06:46
Last Modified: 06 Aug 2020 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32426

Actions (login required)

View Item View Item