Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Learning Cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem: Penelitian pada siswa kelas X SMA Mekar Arum Cinunuk Kab. Bandung

Upiana, Dela (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Learning Cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem: Penelitian pada siswa kelas X SMA Mekar Arum Cinunuk Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah melahirkan manusia yang mampu berpikir kritis, yaitu berpikir dengan penuh pertimbangan dan tidak percaya begitu saja terhadap suatu informasi yang didapatkan. Upaya mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan melalui proses pembelajaran, salah satunya melalui proses pembelajaran ekosistem. Pada dasarnya, ekosistem mengajarkan untuk berpikir, sehingga pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir, seperti berpikir kritis. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya faktor pendekatan pembelajaran serta bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menciptakan suatu produk bahan ajar berupa LKS yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Learning Cycle 5-E. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and development ( R & D). Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri atas tahap define, design, develop, disseminate. Namun, dengan beberapa pertimbangan tahap disseminate tidak dilakukan. Penelitian dilakukan di kelas X SMA Mekar Arum Bandung. Hasil penelitian diperoleh LKS yang memenuhi standar kelayakan bahan ajar dengan validitas 89.25% dikategorikan baik. Selain itu, penggunaan LKS dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan Indeks Gain sebesar 0,712 yang menunjukkan derajat peningkatan kategori baik. Selain itu, sikap siswa terhadap LKS berbasis model learning cycle 5e adalah positif dengan rata-rata skor > 2,5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa; LKS; learning cycle 5E; kemampuan berpikir kritis; ekosistem
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:12
Last Modified: 06 Aug 2020 04:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32421

Actions (login required)

View Item View Item