Tanggapan siswa terhadap penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka : Penelitian pada siswa kelas XI di SMK Insan Unggul Rancaekek Kabupaten Bandung

Mardiansyah, Rifqy Sagara (2020) Tanggapan siswa terhadap penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka : Penelitian pada siswa kelas XI di SMK Insan Unggul Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Insan Unggul Rancaekek kabupaten Bandung, diperoleh informasi bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan strategi Practice rehearsal pairs cukup bagus, namun disisi lain masih terdapat atau masih banyak siswa yang hasil belajar kognitifnya rendah. Dengan demikian adanya kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap penerapan strategi practice rehearsal pairs dengan hasil belajar kognitif mereka di sekolah. Hal ini menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui realita tanggapan siswa SMK Insan Unggul kelas XI terhadap penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs pada mata pelajaran PAI, (2) mengetahui realita hasil belajar kognitif siswa SMK Insan Unggul kelas XI pada mata pelajaran PAI, (3) Untuk mengetahui realita hubungan antara tanggapan siswa SMK Insan Unggul kelas XI terhadap penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs pada mata pelajaran PAI dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh strategi practice rehearsal pairs. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penerapan strategi practice rehearsal pairs maka semakin tinggi pula hasil belajar kognitif mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara observasi dan studi dokumentasi. Kemudian analisis datanya dibagi kedalam dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dari analisis yang diperoleh, disimpulkan bahwa (1) Tanggapan siswa terhadap penerapan strategi practice rehearsal pairs berdasarkan skor 3,15 dan nilai tersebut pada rentang 2,60-3,39 termasuk pada kategori cukup. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI berdasarkan skor 67,80 dan nilai ini rentang 60-80 dapat dikatakan bahwa hasil belajar kognitif mereka termasuk kategori cukup. (3) Hubungan variabel X dengan variabel Y (a) Koefisien korelasinya termasuk sangat tinggi dengan nilai korelasi 0,97. (b) Hipotesisnya diterima, semakin positif tanggapan siswa terhadap penerapan strategi practice rehearsal pairs maka semakin tinggi pula hasil belajar kognitif mereka. Hal itu berdasarkan pengujian hipotesis yaitu Tℎ

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Strategi; Practice Rehearsal Pairs; Hasib belajar kognitif;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifqy Sagara Mardiansyah
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:38
Last Modified: 12 Aug 2020 03:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32411

Actions (login required)

View Item View Item