Pengembangan courseware multimedia interaktif berorientasi keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sifat koligatif larutan

Nurkomalasari, Nurkomalasari (2017) Pengembangan courseware multimedia interaktif berorientasi keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sifat koligatif larutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Konsep sifat koligatif larutan merupakan konsep yang berkaitan dengan gejala-gejala kimia dalam kehidupan sehari-hari sehingga untuk mempelajari konsep ini diperlukan keterampilan berpikir kritis yang membuat siswa aktif dan terampil menganalisis, mencari solusi dan mengevaluasi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tahapan pembuatan dan nilai kelayakan courseware multimedia interaktif berorientasi keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sifat koligatif larutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada langkah-langkah yang dilakukan oleh Haryati yang kemudian dimodifikasi. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi analisis konsep sifat koligatif larutan, perancangan, dan pengembangan. Tahap pengembangan terdiri dari tahap pembuatan dan tahap uji kelayakan. Uji kelayakan dilakukan untuk melihat kualitas produk dan umpan balik berupa saran perbaikan. Hasil uji kelayakan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang telah dilakukan oleh dosen ahli bidang kimia dan dosen ahli bidang media, diperoleh rhitung rata-rata 0,85 yang berarti courseware multimedia interaktif dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan yang berorientasi keterampilan berpikir kritis. Hasil uji coba terbatas dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan kimia yang menunjukkan tanggapan baik terhadap multimedia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: courseware multimedia interaktif; keterampilan berpikir kritis; sifat koligatif larutan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Aug 2020 01:55
Last Modified: 05 Aug 2020 01:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32384

Actions (login required)

View Item View Item