Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Search Solve Create And Share (SSCS) terhadap hasil belajar siswa pada sub materi arthropoda: Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Mulyawati, Ririn (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Search Solve Create And Share (SSCS) terhadap hasil belajar siswa pada sub materi arthropoda: Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 4 Bandung LKS yang digunakan disekolah tidak dibuat sendiri oleh guru. LKS yang digunakan masih kurang jelas dari segi warna, desain dan keterbaacan pada LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS pada sub materi Arthropoda berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) yang layak digunakan di SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan dua uji coba lapangan, yaitu uji coba skala terbatas di MA Ar-Rosidiyah Bandung, kelas X dan uji coba skala besar di SMA Muhammadiyah 4 Bandung, kelas X MIA 1. Data yang diambil pada uji coba skala besar yaitu data hasil belajar siswa serta tanggapan siswa. Hasil pengembangan LKS berbasis SSCS aspek kelayakan materi memperoleh 53,9% dan kelayakan media 72,9%, artinya LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Nilai gain ternormalisasi sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Penggunaan LKS dalam pembelajaran memperoleh tanggapan positif dengan persentase 79,55%. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan pengembangan LKS berbasis Search, Solve, Create and Share layak digunakan dalam pembelajaran Arthropoda di SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Search Solve Create and Share (SSCS); lembar kerja siswa; hasil belajar
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Aug 2020 01:31
Last Modified: 05 Aug 2020 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32381

Actions (login required)

View Item View Item