Pengaruh bimbingan keagamaan melalui peer group dalam membentuk perilaku disiplin remaja di Panti Asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bandung.

Alawiyah, Siti (2017) Pengaruh bimbingan keagamaan melalui peer group dalam membentuk perilaku disiplin remaja di Panti Asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)

Abstract

Dalam menjalani kehidupan setiap manusia membutuhkan bimbingan terutama bimbingan agama. Mulai anak-anak, remaja hingga orang dewasa perludi bimbing kepada jalan kebaikan yaitu kepada jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Bimbingan agama merupakan suatu faktor yang sangat penting dalammembentuk perilaku seseorang, selain itu membantu individu mengetahui,mengenal, dan memahami keadaan dirinya sesuai dengan hakekatnya. Peer Groupmerupakan lingkungan sosial pertama di mana seorang anak belajar untuk hidup bersama orang lain yang bukan anggota keluarganya. Peran kelompok temasebaya juga sangat membantu remaja untuk memahami jati dirinya dan agaremaja mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan luar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bimbingan keagamaamelalui peer group di panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bandung, (2) untuk mengetahui kondisi perilaku disiplin remaja di panti asuhan Griya Yatim daDhuafa Bandung sebelum mendapat bimbingan keagamaan, (3) untuk mengetahui pengaruh bimbingan keagamaan melalui peer group dalam membentuk perilaku disiplin remaja di panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dateknik survey. Penelitian analisis deskriptif dan teknik survey ada hubungannyadengan pemaparan suatu fenomena atau hubungan antara dua fenomena ataulebih. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan teknik simplerandom sampling yaitu sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel bebas dan variabeterikat dengan menggunakan analisis data, uji validitas, uji reliabilitas, analisisdeskriptif, uji normalitas, model regresi sederhana dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bimbingan Keagamaan melaluipeer group memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabePerilaku Disiplin Remaja, artinya semakin baik Bimbingan Keagamaan melaluiPeer Group maka akan berdampak pada peningkatan Perilaku Disiplin. Analisis regresi berganda menghasilkan model Y = 14.664 + 0.815(X) dan koefisien determinasi sebesar 0.693, artinya, Bimbingan Keagamaan melalui teman sebayamemberikan pengaruh terhadap Perilaku Disiplin Remaja sebesar 69,3%sedangkan 30,7% sisanya merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak diamati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan melalui peer group; Perilaku Disiplin Remaja;
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:48
Last Modified: 04 Aug 2020 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32352

Actions (login required)

View Item View Item