Penerapan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran IPS: Pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia penelitian tindakan kelas terhadap peserta didik kelas V MI Baeturridlwan Kota Bandung

Rismayanty, Rismayanty (2017) Penerapan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran IPS: Pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia penelitian tindakan kelas terhadap peserta didik kelas V MI Baeturridlwan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi temuan dalam pembelajaran IPS bahwa peserta didik cenderung pasif dan tidak komunikatif dalam pembelajaran. Ini disebabkan pendidik dalam memilih metode dan media pembelajaran tidak variatif. Pendidik hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan media papan tulis. Mengatasi permasalahan tersebut digunakan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran IPS di kelas V MI Baeturridlwan Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk memeroleh gambaran proses pembelajaran sebelum dan setelah menggunakan media audio visual dan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dalam setiap siklus dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia di MI Baeturridlwan Kota Bandung. Penelitian ini berasumsi berdasarkan kerangka pemikiran bahwa pembelajaran IPS yang dilakukan oleh peserta didik harus membawa peserta didik dalam menjawab permasalahan dengan banyak cara dan mungkin banyak jawaban sehingga mengundang potensi intelektual dan pengalaman peserta didik dalam proses menemukan sesuatu yang baru. Media audio visual media yang dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial karena merupakan media yang dapat mengetahui materi yang bersifat abstrak sehingga memudahkan dalam memahami dan mengingat materi pembelajaran. Akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas V MI Baeturridlwan Kota Bandung berjumlah 14 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data lembar observasi peserta didik dan lembar observasi pendidik serta tes berbentuk pilihan ganda sebanyak lima dan tujuh soal. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan diterapkan media audio visual. Hal ini terbukti dalam pembelajaran pra siklus diperoleh nilai rata-rata peserta didik 57 dengan tingkat kelulusan 21% dan siklus I diperoleh nilai rata-rata peserta didik 75 dengan tingkat kelulusan 43% dan dalam siklus II diperoleh nilai rata-rata peserta didik 96 dengan tingkat kelulusan 93%. Berdasarkan analisis lembar observasi diperoleh aktivitas pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran setelah tindakan dilaksanakan mengalami perubahan cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil observasi pendidik dan observasi peserta didik yang selalu meningkat disetiap siklusnya. Aktivitas pendidik dalam siklus I dengan persentase 75% kemudian 98% untuk persentase siklus II. Aktivitas peserta didik dalam siklus I dengan persentase 69% kemudian 96% untuk persentase siklus II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: audio visual; kognitif; hasil belajar; IPS
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Aug 2020 02:51
Last Modified: 04 Aug 2020 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32345

Actions (login required)

View Item View Item