Analisis efektivitas penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan di Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung

Azzahra, Noveratujulian (2017) Analisis efektivitas penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan di Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan, kendala yang dihadapi dalam penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan, serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang muncul dalam pelaksanaan penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan di Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung. Berdasarkan data target dan realisasi penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan mengalami naik turun. Hal ini diberkaitan dengan retribusi jasa pelayanan kebersihan tidak seutuhnya diterima oleh Perusahaan Daerah Kota Bandung, ketidaktepatan pembayaran biaya retribusi jasa pelayanan kebersihan oleh masyarakat terkait peraturan yang telah ditetapkan, serta kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Peneliti menggunakan teori peningkatan penerimaan retribusi Josef Riwu Kaho (2010) yang terdiri dri beberapa faktor yang sangat mempengaruhinya, yaitu: pegetahuan tentang asas-asas organisasi, disiplin kerja yang tinggi dan pengawasan yang efektif. Peneliti menggunakan pendekatanan kualitatif. Dengan jenis metode penelitian deskriptif untuk memberi gambaran secara jelas dan terperinci mengenai masalah yang diteliti berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan studi pustaka yaitu pencarian informasi yang dapat diperoleh dari buku-buku ilmiah, peraturan-peraturan, dan sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik, dan studi lapagan yaitu pengumpulan data secara langsung ke lapangan dengan mempergunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata efektivitas penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan selama enam tahun dikatakan cukup efektif karena presentasi kurang dari seratus persen. Dikarenakan, penunggakan dari rumah tinggal dan komersial, keterbatasan jumlah sarana dan prasarana persampahan, jarak tempuh pengangkutan dari TPS (Tempat Pembuangan Sementara) ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang cukup jauh, rendahnya keinginan masyarakat untuk membayar jasa pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan lingkungannya, belum optimalnya pengurangan sampah di sumber. Maka dari itu perlu dilakukan peningkatan penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan, agar penerimaan retribusi jasa pelayanan kebersihan menjadi efektif. Upaya yang dilakukan dengan mempertegas pemberlakuan sanksi bagi pegawai dan masyarakat yang melanggar peraturan, diadakannya program godouble, menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana untuk menunjang pegawai kebersihan melaksanakan tugasnya, mengefektifkan pengangkutan sampah di TPS melalui Stasiun Peralihan Antara (SPA), pendekatan kepada masyarakat dengan membuat kunjungan khusus, program pengurangan sampah agar dapat diolah kembali menjadi barang-barang yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Penerimaan Retribusi; Retribusi Jasa Pelayanan Kebersihan;
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Specific Field of Public Administration > Administration of Services to Domestic Order
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 04 Aug 2020 01:54
Last Modified: 04 Aug 2020 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32342

Actions (login required)

View Item View Item