Layanan bimbingan islami melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat santri: Penelitian di Pesantren Ar-Raudloh Yayasan Al-Hasan Cileunyi Bandung

Mukarromah, Minhatul (2017) Layanan bimbingan islami melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat santri: Penelitian di Pesantren Ar-Raudloh Yayasan Al-Hasan Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Layanan bimbingan Islami merupakan upaya pemberian bantuan kepada individu atau sekelompok individu untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dan mengembangkan potensi-potensi individu melalui usaha diri sendiri, guna mencapai kebahagiaan. Penting bagi remaja untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki, hal tersebut berkaitan dengan minat dan bakat, perlunya usaha untuk menyalurkan kemampuan remaja dalam bidang-bidang tertentu agar ia dapat memiliki daya guna di masa depan, memanfaatkan waktu senggang dengan baik, menyelesaikan salah satu tugas perkembangan yaitu kemampuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Apabila seseorang tidak dapat mengembangkan minat dan bakat yang disalurkan pada bidang tertentu, maka ia kesulitan pada fase perkembangan selanjutnya, kemungkinan terjadinya perilaku menyimpang, mengisi waktu senggang dengan kegiatan yang negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program layanan bimbingan Islami melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pesantren Ar-Raudloh, untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, serta untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari layanan bimbingan Islami melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa program layanan bimbingan Islami meliputi serangkaian pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengetahui perkembangan minat dan bakat santri yang ditandai dengan sikap menyukai, memberikan perhatian, kemauan terlibat dalam suatu bidang, motif berprestasi, keuletan menghadapi tantangan. Dilihat dari beberapa aspek, yaitu aspek kognisi (pengetahuan), afektif (emosi), konasi (tindakan), intelegensi, kreativitas, dan pengikatan diri terhadap tugas. Aspek-aspek tersebut dapat menjadi acuan untuk melihat perkembangan minat dan bakat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Selanjutnya menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, program layanan bimbingan Islami melalui kegiatan ekstrakurikuler, dapat memotivasi santri untuk dapat berpartisipasi secara aktif terlibat dalam suatu bidang kegiatan ekstrakurikuler dan keikutsertaan dalam kegiatan perlombaan untuk dapat mencapai prestasi pada bidang tertentu, sehingga memiliki daya guna, memperluas pengetahuan dan keterampilan, selaras dengan pengembangan minat dan bakat. Selain itu, intensitas masalah remaja dapat terkurangi, dengan alasan bahwa para remaja dapat memanfaatkan waktu senggangnya dengan baik. Adapun data hasil angket dengan jumlah responden 36 orang, didapatkan hasil yang menunjukan bahwa 76% menyatakan perasaan senang dan tertarik terlibat dalam suatu bidang kegiatan sesuai dengan minatnya terhadap objek/aktivitas, dan 70% dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki terhadap suatu bidang kegiatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan islami; ektrakurikuler; minat dan bakat
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 03 Aug 2020 07:58
Last Modified: 03 Aug 2020 07:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item View Item