Intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat Dhuha hubungannya dengan kedisiplinan mereka di sekolah : Penelitian pada siswa kelas XI SMAN 2 Babelan Bekasi

Rohmah, Sheha Nur (2020) Intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat Dhuha hubungannya dengan kedisiplinan mereka di sekolah : Penelitian pada siswa kelas XI SMAN 2 Babelan Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah, yakni pelanggaran disiplin yang dilakukan siswa. Berdasarkan studi pendahuluan intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha relatif baik namun di sisi lain disiplin siswa masih rendah khusunya disiplin dalam waktu ditandai dengan telat datang ke sekolah dan bolos di jam pelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha di SMAN 2 Babelan Bekasi, 2) Kedisiplinan siswa kelas XI di SMAN 2 Babelan Bekasi, 3) Hubungan intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha dengan kedisiplinan mereka di SMAN 2 Babelan Bekasi. Penelitian ini bertitik tolak berdasarkan pemikiran bahwa kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha. Berdasarkan hal tersebut hipotesis yang diajukan adalah Hipotesis Kerja (Ha) menyatakan bahwa terdapat hubungan antara intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha dengan kedisiplinan mereka di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, obsercasi, dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 31 orang. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis parsial per indikator dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data di peroleh simpulan bahwa (1) Intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha di SMAN 2 Babelan Bekasi termasuk pada kategori sedang dengan hasil 2,91 berada pada skala 2,60-3,39 (2) Kedisiplinan siswa kelas XI SMAN 2 Babelan Bekasi termasuk pada kategori tinggi dengan hasil 3,98 berada pada skala 3,40-4,50 (3) Hubungan variabel X dan Y berada pada kategori sedang dengan hasil 0,45 yang terdapat pada rentang 0,40-0,60. a) Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = 2,75 dan ttabel = 0,45 dimana thitung (2,75) > ttabel (0,45) sehingga hipotesis alternatif (ha) diterima. B) Hasil analisis kadar pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 11%. sehingga intensitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha mempengaruhi kedisiplinan mereka di sekolah sebesar 11% dan diperkirakan 89% dipengaruhi oleh faktor lain diluar intensitas siswa terhadap kedisiplinan mereka di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Shalat Dhuha; Kedisiplinan;
Subjects: Islam > Salat
Education
General Management > Personnel Management
Depositing User: Sheha Nur Rohmah
Date Deposited: 03 Aug 2020 05:51
Last Modified: 03 Aug 2020 05:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32327

Actions (login required)

View Item View Item