Pengembangan bahan ajar Physics Augmented Reality (PAR) sebagai media pembelajaran pada materi LListrik Statis di SMK

Yakin, Ainul (2020) Pengembangan bahan ajar Physics Augmented Reality (PAR) sebagai media pembelajaran pada materi LListrik Statis di SMK. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Physics Augmented Reality (PAR) merupakan bahan ajar yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai “realitas tambahan” yang menggabungkan teknologi benda dua dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi dengan inovasi berupa materi dan kuis interaktif. Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis kelayakan bahan ajar PAR sebagai media pembelajaran pada materi listrik statis berdasarkan validasi ahli (2) menganalisis kelayakan bahan ajar PAR berdasarkan penilaian responden (3) menganalisis kelayakan bahan ajar PAR sebagai media pembelajaran pada materi listrik statis di SMK berdasarkan penilaian Pusat Perbukuan Kemdikbud RI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey yang terdiri dari lima tahapan yakni identification, design, development, validation and evaluation. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan validator Pusbuk Kemdikbud RI serta respon pengguna yaitu guru/pengajar dan peserta didik kelas X program keahlian TKJ SMK Muhammadiyah 2 Cibiru kota Bandung. Hasil analisis kelayakan oleh ahli materi mendapat nilai 72 (0-100), persentase kelayakan 86% dengan kategori sangat layak. Analisis kelayakan validator ahli media mendapat nilai 79 (0-100) dan persentase kelayakan 93% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis terhadap responden (guru) memperoleh nilai 79 (0-100) dan persentase kelayakan 78% dengan kategori sangat layak. Responden peserta didik memperoleh nilai 2648 (0-3000) dan persentase kelayakan 78% dengan kategori sangat layak. Analisis penilaian dari Pusbuk Kemdikbud RI mendapatkan nilai 250,5 (0-300) dan persentase kelayakan 73% dengan kategori layak. Kesimpulan, bahwa bahan ajar PAR valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality; Bahan Ajar; Listrik Statis
Subjects: Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Electricity
Technology, Applied Sciences
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ainul Yakin
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:28
Last Modified: 03 Aug 2020 01:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32320

Actions (login required)

View Item View Item