Model konseling behavioral dengan pendekatan penguatan positif terhadap remaja introvert dalam membentuk akhlak berbicara: Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTsN 3 Bandung Jl Jayadikarta no 61 Manabaya Cihanyir Kab. Bandung

Setiawan, Novia Fauziyah Kurnia (2020) Model konseling behavioral dengan pendekatan penguatan positif terhadap remaja introvert dalam membentuk akhlak berbicara: Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTsN 3 Bandung Jl Jayadikarta no 61 Manabaya Cihanyir Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Kepribadian yang dimiliki manusia berbeda-beda, selain dari faktor perkembangan, keturunan (hereditas) pun menjadi faktor terbentuknya kepribadian seseorang. Di lapangan, faktor ketidakpercayaan terhadap kemampuan diri menjadi salah satu faktor tembentuknya kepribadian khususnya pada individu yang memiliki kepribadian introvert. Dalam faktanya, kepribadian Introvert kesulitan mengembangkan hubungan sosial dan lebih memilih berkomunikasi secara pribadi dengan teman terdekatnya. Untuk menangani masalah tersebut, konselor di MTsN 3 Bandung berupaya selalu memberikan motivasi serta pujian pada siswa, yang diketahui merupakan bagian dari pendekatan penguatan positif dalam konseling behavioral, upaya tersebut dilakukan sebagai bagian dari program layanan individu yang akan menangani masalah akhlak berbicara pada remaja introvert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang model konseling behavioral dengan pendekatan penguatan positif, secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses model konseling behavioral dengan pendekatan penguatan positif sehingga dapat membentuk akhlak berbicara pada remaja introvert yang melibatkan media, kegiatan belajar mengajar, serta pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan kemampuannya. Penelitian ini didasarkan pada teori konseling behavioral dengan pendekatan penguatan positif yang diaplikasikan dalam bentuk pemberian kalimat positif serta pujian dalam kegiatan konseling individu, bimbingan klasikal dan kegiatan belajar mengajar yang melibatkan remaja introvert. Sedangkan, metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan datanya yakni observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal remaja introvert di MTsN 3 Bandung yakni belum memiliki akhlak berbicara yang baik, seperti berbicara pada sedikit orang, kurang percaya diri dan terkadang berbicara tidak sesuai konteks. Proses konseling terdiri dari tahap laporan dari wali kelas ke konselor, kemudian pengumpulan data. Selanjutnya penerapan model terdiri atas tahap awal, tahap pertengahan dan tahap akhir. Hasil konseling menunjukkan bahwa setelah dilaksanakannya konseling siswa jadi dapat merespon lebih banyak, karena sudah mulai percaya diri terhadap kemampuan dirinya, dan jadi lebih mudah berbaur dengan teman sekelasnya meski tidak banyak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konseling behavioral; penguatan positif; introvert
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Novia Fauziyah Kurnia
Date Deposited: 03 Aug 2020 05:49
Last Modified: 03 Aug 2020 05:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32303

Actions (login required)

View Item View Item