Strategi membangun reputasi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bina lingkungan pelestarian alam: Analisis deskriptif di PT Petrokimia Gresik (Persero)

Ilmi, Miftahul (2020) Strategi membangun reputasi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bina lingkungan pelestarian alam: Analisis deskriptif di PT Petrokimia Gresik (Persero). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
Official URL: http://www.uinsgd.ac.id

Abstract

PT Petrokimia Gresik (Persero) merupakan perusahaan pupuk terlengkap di Indonesia dibawah naungan BUMN, proses bisnis yang dilaksanakan perusahaan mengakibatkan munculnya permasalahan lingkungan dan sosial yang terdampak proses produksi baik secara langsung ataupun tidak langsung, program CSR yang dilaksanakan perusahaan secara berkelanjutan menjadi jalan keluar dari permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi membangun reputasi melalui program CSR Bina Lingkungan Pelestarian Alam mulai dari kegiatan menghimpun data dan fakta sampai pada kegiatan evaluasi program. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reputation Theory, teori ini dipilih karena mampu menjelaskan langkah-langkah untuk membangun identitas korporat dan citra yang menjadi bagian dalam pembentukan reputasi perusahaan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme yang bertujuan untuk memaknai makna-makna yang diungkapkan informan yang tidak dapat digeneralisir. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang bertujuan memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara utuh dan menyeluruh dalam bentuk kata-kata terhadap suatu fenomena. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, karena penulis ingin mengeksplorasi dan mendeskripsikan bagaimana strategi membangun reputasi perusahaan melalui program CSR. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian bahwa strategi membangun reputasi melalui program CSR tersebut dimulai dengan melakukan social mapping menghimpun data dan fakta di lapangan, kemudian data dan fakta dirumuskan program CSR serta tujuannya di dalam Rencana Strategis dan dibahas program dibahas detail di dalam Rencana Kerja, selanjutnya program dilaksanakan yang melibatkan perusahaan dan masyarakat, terakhir monitoring dan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan program dan untuk memberi rekomendasi terhadap keberlanjutan program ditahun selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami pula bahwa program CSR bina lingkungan pelestarian alam termasuk ke dalam Community Development.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Reputasi; CSR
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Miftahul Ilmi
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:07
Last Modified: 30 Jul 2020 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32291

Actions (login required)

View Item View Item