Tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget dalam pembelajaran hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada pembelajran PAI : Penelitian pada siswa kelas XI SMK Insan Unggul Rancaekek

Rofidah, Rika (2020) Tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget dalam pembelajaran hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada pembelajran PAI : Penelitian pada siswa kelas XI SMK Insan Unggul Rancaekek. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Insan Unggul Rancaekek, Bandung, diperoleh informasi bahwa guru menggunakan gadget dalam pembelajaran sebagai salah satu media. Secara umum siswa aktif mengikuti pembelajaran. Penulis tertarik meneliti mengenai tanggapan penggunaan gadget tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget dalam pembelajaran, 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran PAI materi hormati dan sayangi orang tua dan gurumu, dan 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget dalam pembelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada pembelajaran PAI materi hormati dan sayangi orang tua dan gurumu. Berdasarkan teori yang ada penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil bealajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget dalam pembelajaran. Dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis, semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget dalam pembelajaran, maka semakin baik pula hasil belajar kognitif mereka pada pembelajaran PAI. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunkan metode deskriptif kuantitatif. 2) Responden 41 orang siswa Kelas XI SMK Insan Unggul. 3) Alat pengumpulan data: angket, tes, wawancara, studi kepustakaan, observasi. 4) Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil analisis menunjukan: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget dalam pembelajaran termasuk kategori tinggi yaitu 3, 43 yang berada pada interval 3, 40 - 4, 19. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI materi hormati dan sayangi orang tua dan gurumu termasuk kategori baik, dengan nilai rata-rata 70, 08 yang berada pada interval 70 - 79. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunan gadget dalam pembelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada pembelajaran PAI berada pada kategori tinggi/kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0, 79 yang berada pada interval 0, 60 – 0, 79. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 28%. Ini menunjukan masih ada faktor lain yang mempengaruhi Kata Kunci: Tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget, hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kognitif
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rika Rofidah
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:03
Last Modified: 06 Aug 2020 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32255

Actions (login required)

View Item View Item