Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Rohis hubungannya dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI SMAN 1 Nagreg

Pitriyadi, Sandi Wijaya (2020) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Rohis hubungannya dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI SMAN 1 Nagreg. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMAN 1 Nagreg, diperoleh informasi bahwa kegiatan rohis berjalan baik dengan terselenggaranya beragam kegiatan yaitu pembinaan, hafalan Al-Qur’an, kajian keislaman, dan keputrian, juga adanya hiburan yang menambah antusias siswa dan aktivitas siswa mengikuti kegiatan rohis sangat tinggi, hal ini dilihat dari presentase kehadiran siswa. Akan tetapi hasil belajar siswa sebagian dilihat dari hasil ujian akhir semester belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan di sekolah tersebut sebesar 72. Nilai yang dicapai oleh sebagian besar siswa memperoleh nilai rata-rata 55-60. Tujuan penelitian ini dimaksud: 1) untuk mengetahui aktivitas siswa mengikuti kegiatan rohis di SMAN 1 Nagreg, 2) untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Nagreg, 3) untuk mengetahui hubungan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan rohis dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Nagreg. Berdasarkan teori yang ada penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya faktor aktivitas siswa mengikuti kegiatan rohis dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis, jika aktivitasnya tinggi, maka hasil belajar kognitif siswa akan baik. Jika aktivitasnya rendah, maka hasil belajar kognitif mereka akan rendah pula. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasi. Alat pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, angket, tes, wawancara, studi pustaka. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis statistik untuk data kuantitatif. Objek penelitian/responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Rohis di SMAN 1 Nagreg. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas siswa mengikuti kegiatan rohis termasuk kategori tinggi, yaitu dengan nilai 3,64 angka tersebut berada pada interval 3,50 – 4,50 Variabel X berdistribusi normal, karena chi kuadrat hitung 1011,35 < 7,82 chi kuadrat tabel. Sedangkan hasil belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam termasuk kategori baik sekali, dengan nilai rata-rata 80,16 karena berada pada interval 80-100 berdistibusi normal chi kuadrat hitung -693,83 < 7,82 chi kuadrat tabel. Hal ini diketahui hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan rohis dengan hasil belajar kognitif siswa diperoleh sebesar 0,71 yang berada pada interval 0,60 – 0,79. Koefisien korelasi tersebut termasuk kategori tinggi/kuat. Maka Ha diterima demikian dinyatakan bahwa terdapat pengaruh aktivitas siswa mengikuti kegiatan rohis hubungannya dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam sebesar 30% ini berarti menunjukan ada 70% faktor lainnya yang mempengaruhi hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam tersebut. Kata Kunci: Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Rohis, hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Rohis; hasil belajar kognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sandi Wijaya Pitriyadi
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:07
Last Modified: 06 Aug 2020 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32254

Actions (login required)

View Item View Item