Manajemen pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk pemerataan mutu pendidikan: Penelitian di SMAN 2 Padalarang

Cahya, Riyan Dwi (2019) Manajemen pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk pemerataan mutu pendidikan: Penelitian di SMAN 2 Padalarang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (990kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memegang peran kunci dalam pengembangan sumber daya manusia dan insan yang berkualitas. Semakin baik kualitas pendidikan yang diselengarakan lembaga pemerintahan di suatu Negara maka akan semakin baik juga tingkat kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di suatu Negara. Dengan demikian proses peningkatan mutu pendidikan merupakan langkah pertama untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Mutu pendidikan berkaitan dengan kurikulum, proses pembelajaran, evaluasi, buku ajar, mutu guru, sarana dan prasarana. Termasuk pemerataan pendidikan adalah masih banyak anak umur sekolah yang tidak dapat menikmati pendidikan formal di sekolah dikernakan terkendala waktu, jarak, ekonomi, sosial dan budaya. Data tahun 2013 Jumlah anak usia 16 - 21 tahun yang tidak melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah (SM) di Jawa Barat relatif cukup tinggi yaitu pada tahun 2013 sebesar 32% dari 720.000 (230.000 anak). APK (Angka Partisipasi Kasar) yang baru mencapai 62,11% atau secara nasional APK SM Jawa Barat berada di posisi kedua dari bawah setelah Provinsi Papua. Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pemerataan Mutu Pendidikan. Penelitian ini mendeskripsikan pendidikan jarak jauh untuk meningkatkan pemerataan mutu pendidikan dan membangun kemandirian siswa dalam belajar di SMA, bentuk pengelolaan pendidikan jarak jauh dalam menjawab kebutuhan masyarakat di era revolusi 4.0 di tinjau dari aspek manajamen pengeloaan pendidikan jarak jauh mulai perencanaan, pengadmistrasian, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif yang lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Program Pendidikan Jarak jauh berbasis Teknologi informasi dan komunikasi di SMAN 2 Padalarang memanfaatkan LMS, EDOBOX dan VICOM dalam adiministrasi, pembelajaran dan evaluasi pendidikan. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan memberikan kontribusi untuk percepatan pemerataan kesempatan belajar dan peningkatan mutu pendidikan hal ini di buktikan dengan peningkatan APK di kabupaten bandung barat dari tahun 2014 sebanyak 51,85 % menjadi 69,88 % pada tahun 2017 atau meningkat 18,03 %

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; mutu; pemerataan; pendidikan; jarak jauh
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riyan Dwi Cahya
Date Deposited: 27 Jul 2020 07:30
Last Modified: 27 Jul 2020 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32212

Actions (login required)

View Item View Item