Peningkatan metakognitif siswa melalui model metacognitive learning cycle 5e pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Mirnawati, Mirnawati (2019) Peningkatan metakognitif siswa melalui model metacognitive learning cycle 5e pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran dengan model Mtecognitive Learning Cycle 5E merupakan model yang menuntut siswa lebih aktif dan setiap tahap pembelajannya dilakukan pemantauan metakognitif siswa. Tingkat metakognitif siswa berbeda berdasarkan usia perkembangannya. Kemampuan metakognitif penting bagi siswa dalam memecahkan masalah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental. Penelitian ini menggunakan dua sampel kelas, yaitu XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan angket metakognitif. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran dengan model Metacognitive Learning Cycle 5E memiliki nilai rata-rata aktivitas siswa dan guru sebesar 88,89%. Kemampuan metakognitif siswa kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 71,84 dengan kriteria baik. Kemampuan metakognitif siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 74,00 dengan kriteria baik. Peningkatan kemampuan metakognitif kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain sebesar 0,30 dengan kategori sedang. Hasil angket akhir menunjukan thitung -1,20 < ttabel 2,65. Maka H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan penelitian bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan metakognitif siswa pada kelas kontrol edengan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan metakognitif; Metacognitive learning cycle 5e; Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mirnawati Mirnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:11
Last Modified: 18 Aug 2020 07:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32197

Actions (login required)

View Item View Item